Haloo Takaiters!

Pernah dengar profesi Ghost Writer? Ini merupakan salah satu profesi yang bergengsi, karena biasanya kliennya adalah orang penting atau setidaknya orang sibuk yang tidak punya waktu untuk menulis, namun ia dituntut untuk punya buku karyanya sendiri. Nah, guys, di sinilah Ghost writer dibutuhkan.

Namun, untuk menjadi Ghost Writer tidaklah mudah. Butuh pengalaman dan kemampuan menulis yang sudah diakui, serta sudah mempunyai paling tidak lima buku yang ia terbitkan. Wow, berarti sudah sangat profesional ya guys. Ghost Writer juga harus mampu menuangkan ide yang ingin disampaikan ke dalam tulisan oleh kliennya, gaya bahasa yang dipakaipun merupakan cerminan dari sang klien.

Tidak sedikit dari tokoh-tokoh yang sudah tenar memakai jasa Ghost Writer, di antara mereka mungkin ada yang kesulitan menuangkan idenya kedalam bentuk tulisan, sehingga mereka memilih menyawa jasa penulis untuk menuangkan ide menjadi sebuah buku. Namun, ada juga yang sebenarnya mampu menuliskan semua idenya dalam bentuk tulisan dan mewujudkannya menjadi sebuah buku, akan tetapi ia tidak punya cukup waktu untuk mewujudkannya. Nah guys, di sinilah Ghost Writer dibutuhkan.

Pilihan Editor

Seorang Ghost Writer tidak boleh menampakan dirinya di dalam tulisan itu, ia harus benar benar terlihat sebagai kliennya, ia juga tidak boleh menulis namanya sebagai penulis buku. Nama penulis buku akan diisi oleh kliennya.

Tapi guys, jangan sedih dulu, mereka sudah membicarakannya terlebih dahulu dan mencapai kata sepakat. Tentunya dengan imbalan yang disetujui oleh kedua belah pihak.

Ngomong ngomong soal imbalan, kabarnya nih takaiters, Ghost Writer mendapat imbalan yang cukup fantastis. Bisa mencapai enam digit, tujuh digit bahkan ada yang mencapai delapan digit. Wow sungguh fantastis!

Nah untuk menjadi seorang penulis bayaran, kamu harus sering berkarya dan sering menerbitkan beberapa buku yang bagus, dan pastinya punya banyak relasi dan mampu mempromosikan dirimu sendiri atau setidaknya kamu punya channel yang akan sering memberi kamu job. Lumayan ya guys, buat usaha tambahan, hehe.