Hollaa, Takaiters!

Taukah kalian kalau di barat eropa tepatnya di negara Irlandia dan Skotlandia terdapat festival unik yang bernama beltane atau sering disebut festival api. diperingati pada awal bulan Mei karena bertepatan dengan dimulainya musim panas pada negara-negara tersebut.

Beltane membawa masyarakat untuk bersenang-senang dan bersyukur akan kesuburan tanah yang datang pada musim panas. Festival beltane bertujuan bukan untuk menciptakan kembali praktik kuno pada zaman dahulu. Tetapi untuk melanjutkan semangat nenek moyang dalam menciptakan hubungan dengan manusia dan siklus alam.

Sejarah Festival Beltane

Festival beltane
Foto: office-breaks.com

Menurut sejarawan abad ke 17 Geoffrey Keating, di Irlandia abad pertengahan saat festival beltane masih dilakukan pengorbanan kepada dewa bernama Beil. Dia juga menulis bahwa pada daerah-daerah di Irlandia dua api unggun akan dinyalakan, dan hewan ternak akan didorong melewati mereka agar terhindar dari penyakit.

Festival beltane merupakan moderenisasi ritual nenek moyang pada zaman besi kuno. Festival ini diadakan kembali pada tahun 1988, walaupun tergolong tidak lama namun, telah menjadi fokus utama pada berbagai komunitas di Skotlandia dan Irlandia.

Beltane merupakan salah satu dari empat festival musiman: Samhain (1 November), imbolc (1 Febuari), Beltane (1 Mei), Lughnasadh (1 Agustus). Beltane menandai awal musim panas, ketika ternak-ternak mulai dilepaskan menuju padang rumput.

Pada zaman dahulu, ritual Beltane bertujuan untuk melindungi orang-orang dari bahaya, baik dari alam maupun supranatural.

Beltane menggunakan api sebagai pusat dari perayaan, oleh karena itu festival ini menggunakan simbolik berupa api. Pada saat awal musim, para aos si (roh atau peri) akan datang, dan tujuan dari festival beltane adalah untuk menenangkan mereka.

Filosofi Festival Beltane

Festival beltane
Foto: Martin McCarthy for Beltane Fire Society

Festival beltane dilakukan untuk melindungi ternak, tanaman, orang-orang, dan sebagai kesuburan tanah. Api unggun dinyalakan sebagai pusat dari festival, masyarakat meyakini bahwa api, abu, dan asap mereka dianggap mempunyai kekuatan.

Orang-orang dan hewan ternak mereka akan berjalan mengelilingi api unggun. Kadang-kadang mereka akan melompati atau berjalan di atas bara api. Festival beltane akan disertai dengan pesta dan berbagai makanan akan ditawarkan oleh para penduduk kepada masyarakat sekitar.

Pintu, jendela rumah, kandang dan para hewan ternak akan dihiasi dengan bunga Mei kuning. Di sebagian wilayah di Irlandia orang-orang akan membuat may bush atau semak berduri yang dihiasi oleh bunga, pita, dan cangkang kerang.

Masyarakat juga akan mengunjungi sumur suci pada saat festival beltane. Para pengunjung akan berdoa untuk kesehatan sambil berjalan mengelilingi sumur. Mereka kemudian akan meninggalkan persembahan, biasanya berupa koin atau clooties (puding khas Skotlandia). Pada saat fajar orang-orang akan membasuh wajah mereka dengan air yang berasal dari sumur suci, hal ini bertujuan untuk membuat awet muda .

Prosesi festival beltane zaman sekarang

Festival beltane
foto :beltanefiresociety.files.wordpress.com

Beltane diadakan di monumen nasional, masyarakat akan berjalan dari berbagai tempat dan akan bertemu di sepanjang jalan menuju monumen. Sepanjang perjalanan orang-orang akan menabuh drum yang menandakan bahwa festival sudah dimulai. Prosesi ini dipimpin oleh May Queen dan Manusia Hijau, dan diikuti oleh orang-orang yang memakai kostum unik.

Setelah menampilkan acara drama, May Queen dan Manusia Hijau akan memulai datangnya musim panas dengan menyalakan api unggun yang besar. Orang-orang akan berkumpul menuju tempat yang bernama bower, disini mereka akan menari bersama-sama.

Para warga akan menyediakan makanan dan minuman untuk para peserta festival untuk mengobati lelah mereka. Semakin malam para peserta festival dan penonton akan hanyut dalam iringan musik, mengambil kenangan dari peristiwa unik dan istimewa ini.