Mendengarkan musik dan menelfon seseorang akan lebih terasa nyaman ketika kita menggunakan earphone. Bagaimana tidak? dengan earphone kita lebih mudah dan bisa lebih lama mendengarkan musik dan menelfon seseorang tanpa harus capek-capek menempelkannya ke telinga kita berjam-jam. Yang ada bukannya nyaman malah kecapean.

Lalu cuma bahas fungsi earphone buat dengar musik dan nelfon doang ya? Semua orang juga tahu kali ya. Upss tunggu dulu, ternyata ada hal lain yang terkadang tidak dipedulikan. Apa itu? Kabel earphone itu sendiri. Lalu ada apa dengan kabel earphone tersebut, yang namanya kabel ya tetap kabel bukan.

Coba kamu perhatikan panjang kabel yang kiri dan sebelah kanan dari earphone itu sendiri, jika dilihat secara detail ternyata di salah satu sisi kabelnya yaitu sebelah kanan mempunyai kabel yang lebih panjang. Eh iya benar juga kan. Kalau tidak percaya yuk lihat gambar di bawah.

kenapa kabel earphone panjang sebelah
Kabel earphone panjang sebelah

Yap secara sekilas terlihat bahwa kabel sebelah kanan lebih panjang dari yang sebelah kiri. Tapi tahukah kamu bahwa ternyata hal tersebut bukan asal dibuat saja. Ternyata ada fungsi dari bentuk kabel earphone tersebut. Yuk kita bahas fungsi mengapa kabel earphone panjang sebelah.

Mempermudah Ketika Ditaruh Di Saku Celana

Sebagian besar orang akan menaruh smartphonenya di saku celana sebelah kiri, entah kenapa itu terjadi tapi yang pasti itu terasa lebih nyaman. Dan ternyata itu juga jadi alasan kenapa kabel earphone panjang sebelah, sebab ketika smartphone di letakkan di saku celana dengan kabel earphone sebelah kanan yang panjang sebelah, maka akan membuat earphone itu tetap terasa nyaman digunakan, dan tidak ada salah satu kabel yang letakkan agak terlalu tegang. Kabel earphone sebelah kiri sudah pas di sebelah kiri, dan kabel earphone sebelah kanan juga tetap pas di sebelah kanan meskipun smartphone selalu kita taruh di sebelah kiri.

Mempermudah Menggunakan Mic Earphone

Kita tahu bahwa setiap earphone biasanya disediakan mic yang fungsinya untuk memperjelas suara kita ketika menelfon. Dan ternyata dengan kabel sebelah kanan yang panjang sebelah itu mempermudah kita dalam menggunakan mic earphone itu sendiri, karena mic yang letaknya disebelah kiri sudah lebih dekat ke mulut kita tanpa harus kita repot-repot atau ribet menariknya kembali.

Membedakan Kiri dan Kanan

Dari penjelasan 2 fungsi sebelumnya, jadi kita sudah tentu tahu bahwa dengan itu kita bisa membedakan mana kabel earphone untuk telingan sebelah kanan dan untuk yang sebelah kiri. Panjang untuk sebelah kanan, pendek untuk sebelah kiri.

Sudah terjawab bukan teka-teki dan rahasia yang selama ini kita pertanyakan tentang kenapa panjang kabel earphone itu panjang sebelah. Semoga artikel ini bisa menjawab rasa penasaran kamu ya…..