Hai, Takaiters!

Jika kamu berkunjung ke Balikpapan, jangan lewatkan untuk mampir sebentar menikmati indahnya arsitektur dan kemegahan masjid terbaru, terbesar dan viral di Balikpapan ini. Yapt! Masjid Madinatul Iman atau biasa disebut masjid Islamic Center Balikpapan ini terletak di Jl. Belibis Raya, Kelurahan Gunung Bahagia, Balikpapan Selatan. Jaraknya kurang lebih 12 km dari pusat kota, Guys.

Masjid yang baru diresmikan 2017 silam ini benar-benar menarik perhatian semua orang, terutama julukan Madinah Van Borneo yang disematkan padanya membuat namanya viral di mana-mana. Bagi kamu yang penasaran dengan masjid ini, simak ulasannya, ya!

Tidak sembarang dibangun, masjid ini memiliki tujuan serta makna yang sangat mulia

Masjid Madinatul Iman Balikpapan
Foto: helmysatria.com

Kamu tentu tahu jika masjid Islamic Center Balikpapan ini punya keunikan tersendiri yang tidak dimiliki masjid-masjid lainnya. Hal ini tentu telah dipertimbangkan sangat matang, Guys. Para ulama di kota minyak ini memang sejak lama mengiginkan berdirinya Islamic Center di Balikpapan. Maka dibangunlah masjid ini dengan nama masjid Madinatul Iman yang bertujuan mewujudkan masyarakat yang beriman serta bertakwa, Guys.

Pilihan Editor



Desain menyerupai masjid Nabawi disertai payung putih yang sangat identik dengan masjid Rasululullah saw di Madinah

Masjid Madinatul Iman Balikpapan
Foto: budisusilo85.blogspot.com

Jika kamu mampir ke sini, payung-payung putih yang mekar sempurna di pelataran masjid Madinatul Iman akan mengingatkan kita pada masjid Nabawi di kota Madinah. Bukan hanya itu, masjid yang berdiri di atas lahan seluas 15 Ha dan menghabiskan dana sekitar Rp. 350 milyar ini juga punya konsep pembangunan seperti masjid-masjid di Timur Tengah, lho.

Masjid ini punya empat menara disertai satu kubah. Enam buah payung melambangkan rukun Iman yang sangat identik dengan masjid Nabawi. Bangunan ini dipenuhi jendela dan pintu melengkung seperti busur dengan bentuk runcing pada bagian atasnya.

Selain megah, masjid Madinatul Iman juga punya banyak keunikan yang membuatnya sangat istimewa

Masjid Madinatul Iman Balikpapan
Foto: helmysatria.com

Ketika kamu menginjakkan kaki di masjid ini, selasar megah dengan ornamen khas Timur Tengah akan menyambut kedatanganmu sebelum memasuki bangunan utama, Guys.

Di dalam masjid, kamu bisa menikmati interior yang tak kalah megah dengan eksterior yang telah kamu temui sebelumnya. Lantai masjid berlantai tiga ini terbuat dari marmer. Uniknya, di dalam masjid ini terdapat mihrab setinggi 15 meter dengan dinding dilapisi marmer warna putih yang disebut sangat mirip dengan mihrab yang ada di masjid Nabawi, Guys.

Ketika salat di sini, diharapkan semua orang akan merasakan nikmatnya ibadah di masjid Nabawi sehingga mampu menambah kekhusyuan. Sedangkan bagi kamu yang pernah berkunjung ke masjid Nabawi, salat di sini akan membangkitkan kenangan tersendiri.

Di sisi tenggara masjid terdapat sebuah menara berukuran besar setinggi 62,8 meter yeng berfungsi sebagai tempat melihat hilal serta serta pengamatan astronomi. Tak salah jika masjid ini disebut sebagai ikon kota Balikpapan dan membuat kota minyak ini dijuluki Kota Beriman.

Gimana, Guys, apakah kamu tertarik mengunjungi masjid Madinatul Iman ini? Jika kamu punya kesempatan mengunjungi Balikpapan, jangan lupa mampir untuk salat dan melihat-lihat megahnya masjid ini. Tak salah jika masjid ini begitu viral dan menarik perhatian banyak orang. Kamu juga harus melihatnya, ya!