Hai, Takaiters!

Negara Republik Turki baru saja melangsungkan pemilu pada hari Minggu (24/6/2018) lalu. Pemilu yang seharusnya diadakan pada November 2019 harus dipercepat setelah adanya perubahan sistem politik di Turki yang awalnya memakai sistem parlementer berubah menjadi presidensial.

Ada enam kandidat yang mencalonkan diri sebagai pemimpin Turki. Mereka adalah pemimpin bertahan Recep Tayyib Erdogan, Muharrem Ince, Meral Aksener, Selahattin Demirtas, Temel Karamollaoglu dan Dogu Perincek.

Fakta fantastis, setengah rakyat Turki memilih Erdogan sebagai pemimpin mereka yang baru

erdogan pemimpin turki
Foto: islampos.com

Dikutip dari aljazeera.com, Erdogan memperoleh lebih dari setengah suara rakyat Turki yaitu sebanyak 52,5 persen.

“Demokrasi kita menang, keinginan rakyat menang, Turki menang.” Kata Erdogan kepada kerumunan pendukungnya di kota Ankara sesaat setelah pengumuman hasil pemilu diumumkan.

Erdogan menjadi pemimpin terlama setelah Mustafa Kemal Ataturk yang memimpin Turki

erdogan pemimpin turki
Foto: ekathimerini.com

Atas kemenangannya ini, Erdogan akan kembali memimpin Turki untuk empat tahun mendatang. Pria 64 tahun ini juga menjadi pemimpin terlama setelah Mustafa Kemal Ataturk yang memimpin Turki, yakni selama 15 tahun sejak ia menjabat sebagai perdana menteri Turki.

Setelah kemenangannya, Erdogan menuturkan bahwa ia ingin lebih fokus pada masalah ekonomi di negaranya yang selama ini banyak dicampuri asing. Terlebih lagi beberapa waktu belakangan ini nilai mata uang Turki turun drastis.

Pilihan Editor



Terpilihnya Erdogan menjadi pemimpin baru, membuktikan bahwa masih banyak rakyat Turki yang menginginkannya untuk memimpin Turki

erdogan pemimpin turki
Foto: cnn.com

Meskipun menghadapi banyak masalah saat memimpin Turki dan sempat ingin di kudeta pada tahun 2016 lalu, nyatanya masih banyak rakyat Turki yang mencintai Erdogan dan menginginkannya kembali memimpin Turki.

Sementara itu, pesaing terkuat Erdogan, Muharrem Ince dari partai oposisi memperoleh 30,6 persen suara. Disusul oleh Selahattin Demirtas yang pro kelompok kurdi sebanyak 8,4 persen suara. Lalu, Meral Aksener sebanyak 7,3 persen suara.

Selamat Mr. Recep Tayyip Erdogan!