Hai, Takaiters!

Kamu tentu mengetahui bahwa utang merupakan salah satu masalah keuangan yang paling sering terjadi pada sebagian orang. Utang bukan saja dialami oleh masyarakat kelas bawah yang memang penghasilannya pas-pasan sehingga bermasalah dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Namun sebagian dari masyarakat kelas atas yang punya penghasilan besar pun ternyata tidak bisa aman dari jeratan utang.

Mengelolah keuangan bisa jadi bukanlah suatu hal yang mudah bagi setiap orang. Semakin besar pendapatan seseorang justru dapat membuat gaya hidupnya pun ikut meningkat sehingga uang yang dimiliki tetap saja tidak sanggup memenuhi kebutuhan hidupnya. Alhasil berutang pun menjadi salah satu pilihan yang tak dapat dihindari.

Seiring dengan semakin banyaknya bertumbuh berbagai perusahaan pemberi pinjaman membuat seseorang makin tertarik untuk mencoba berutang. Yang lebih buruk lagi apa bila berutang telah jadi kebiasaan yang tak dapat dielakkan sehingga menjadi sebuah ketergantungan yang terus-menerus.

Takaiters, apakah yang harus dilakukan apabila sudah terlanjur terjerat utang? Berikut ini kiat-kiat yang bisa dilakukan agar bisa membantu untuk terbebas dari utang:

1. Hiduplah Lebih Hemat

Foto: news.com.au

Memiliki atau tidak memiliki utang sebenarnya gaya hidup berhemat itu tetaplah pilihan yang terbaik. Jika kamu sudah terlanjur memiliki utang sudah seharusnyalah lebih hemat lagi agar penghasilanmu bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari dan selebihnya bisa untuk mencicil utang. Kamu bisa buat daftar kebutuhan dalam sebulan dan urutkanlah dari yang paling penting. Jadi yang kurang penting kemungkinan bisa ditunda dahulu.

2. Jangan Berutang Lagi ketika Masih Memiliki Utang

Foto: poetsandquants.com

Kebiasaan seperti ini bisa pula terjadi ketika penghasilan tidak cukup lagi setelah kamu mencicil utang. Akhirnya kamu membuat utang baru untuk memenuhi biaya kebutuhan hidup sehari-hari dan keperluan lainnya. Hal ini akan berdampak buruk karena bisa membuat kamu terus-menerus terjebak utang. Untuk menghindarinya berusahalah menekan segala pengeluaran sedapat mungkin. Memang sangat tidak nyaman dalam kondisi seperti ini tapi ingatlah hal ini akan lebih baik dari pada membuat utangmu semakin banyak.

3. Prioritaskan Utang yang Harus Dilunasi Terlebih Dahulu

Foto: kiplinger.com

Apabila ternyata kamu sudah memiliki beberapa utang cobalah untuk membuat daftarnya lebih dahulu, lalu prioritaskanlah mana yang bisa dilunasi dahulu. Cara ini dibuat agar kamu tidak memaksakan membayar semua utang sehingga tidak memiliki uang lagi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari yang akhirnya membuatmu mencari jalan keluar dengan melakukan pinjaman lagi. Ada baiknya jika kamu bisa usahakan melunasi utang yang memiliki bunga yang besar dahulu atau pun utang bunga berbunga yang akan semakin besar jika ditunda.

4. Hindari Kartu Kredit

Foto: dnaindia.com

Mungkin kamu seorang karyawan yang berpenghasilan lumayan namun karena memiliki fasilitas kemudahan berutang membuat kamu jadi menikmati hidup dengan sering berutang. Saat ini penawaran kartu kredit memang sedang gencar membidik masyarakat yang bekerja dengan penghasilan tetap.Seseorang bisa pula sampai memiliki beberapa kartu kredit sehingga godaan untuk menjadi komsumtif akan semakin besar walaupun sedang tidak memiliki uang. Oleh karena itu, usahakanlah untuk tidak menggunakan kartu kredit untuk mencegah ketagihan berutang.

6. Jangan Tunda Membayar Utang

Foto: pro100casino.com

Jika kamu sedang mendapatkan rezeki lebih entah itu berasal dari pemberian, hadiah, bonus ataupun arisan, akan lebih baik bila kamu gunakan untuk pembayaran utang dahulu. Abaikan dahulu keinginan menggunakannya untuk membeli sesuatu yang diinginkan. Bukankah semakin cepat utang terbayarkan akan semakin baik? Kelak bila utang sudah terlunasi kamu bisa mulai menabung untuk membeli sesuatu yang diinginkan.

7. Mencari Penghasilan Tambahan

Foto: pexels.com

Salah satu cara agar segera dapat mengatasi utang adalah dengan membayarnya secepat mungkin. Namun,  jika penghasilan kamu tidak mencukupi untuk segera membayar utang tersebut, cobalah mencari penghasilan tambahan agar ada kelebihan uang untuk membayar utang.

8. Membuat Pencatatan Keuangan

Foto: jasaaplikasikeuangan.blogspot.com

Kamu bisa melakukan pencatatan keuangan sedemikian rupa sehingga penghasilan yang ada bisa dipergunakan semaksimal mungkin dan bisa terhindar dari pengeluaran-pengeluaran yang tidak terlalu penting. Dengan adanya pencatatan, keuanganmu akan bisa dikelola sebaik-baiknya.

Ok, Takaiters, demikian beberapa cara bagi yang sudah terlanjur berutang agar bisa segera melunasinya dan terhindar dari ketergantungan hidup dengan berutang. Bukankah hidup akan lebih nyaman tanpa berutang?