kerajinan perak koto gadang
Unik

Melirik Kerajinan Perak Koto Gadang, yang Membuat Para Wisatawan Asing Ngefans Berat Dengan Produk Ini

Foto : 2.bp.blogspot.com

Hola, Takaiters!

Apakah kamu suka berburu perhiasan perak yang unik dan berkualitas tinggi? Beruntunglah dirimu, karena Indonesia dikenal sebagai negara yang cukup produktif dalam mengelola kerajinan perak. Kerajinan perak selama ini identik dengan satu daerah bernama Kotagede di Yogyakarta.

Namun, di Sumatera Barat ada satu daerah yang juga dikenal dengan keindahan kerajinan peraknya. Daerah ini bernama Koto Gadang Agam, sebuah kawasan pusat seni yang terkenal sebagai sentra kerajinan perak. Koto Gadang adalah sebuah kenagarian setingkat desa yang berada di Kabupaten Agam.

Takaiters patut berbangga dengan kerajinan perak asal Koto Gadang ini. Produk peraknya jelas tidak pasaran. Bahkan aneka perhiasan ini layak dijadikan kado yang berkesan bagi orang tersayang kamu. Inilah beberapa fakta yang membuat Koto Gadang layak dilirik sebagai salah satu destinasi berburu oleh-oleh :

Kerajinan perak Kota Gadang sudah terkenal sejak zaman Belanda

kerajinan perak koto gadang

Foto : ranselkubutut.wordpress.com

Koto Gadang  sudah terkenal dengan hasil kerajinan peraknya sejak zaman penjajahan Belanda. Meski di daerah ini tidak menghasilkan perak, tetapi hampir di setiap rumah mengerjakan dan memproduksi kerajinan perak. Rata-rata kaum pria di desa ini merupakan pengrajin perak yang jumlahnya mencapai ratusan orang.

PILIHAN EDITOR

Hasil kerajinan perak Koto Gadang memiliki ciri khas yang membuat mata tergoda untuk memilikinya

kerajinan perak koto gadang

Foto : 2.bp.blogspot.com

Yes, perak Koto Gadang memang memiliki ciri khas yang sulit ditolak. Bentuknya  halus dengan warna yang tidak terlalu berkilau. Hal ini sedikit menimbulkan kesan tidak terlalu menyolok mata saat dikenakan.

Hasil kerajinan yang dipasarkan pun beragam. Ada miniatur rumah gadang, jam gadang, pedati, kereta, sepeda motor, hingga liontin dan cincin berukir perak dengan kualitas kerajinan yang tinggi. Harga kerajinan perak sangat variatif, antara Rp10.000,00 hingga Rp.3.000.000,00. Bahkan ada yang mencapai harga Rp.12.000.000,00. Harga satu buah miniatur rumah gadang dijual dengan harga Rp.1.500.000 – 2.000.000,00.

Digemari hingga mancanegara

kerajinan perak koto gadang

Foto : kompas.com

Saat ini kerajinan perak di Koto Gadang Agam sudah mulai digemari oleh pasar luar negeri. Selain ke Eropa, perak dari desa ini juga sudah menjamah pasar Asia seperti Malaysia, Singapura dan beberapa negara tetangga lainnya.

Jika orang luar negeri saja ngefans dengan perak Koto Gadang, maka Takaiters pun seharusnya lebih cinta produk kerajinan lokal, bukan? Selamat berburu perhiasan perak elegan dengan kualitas kelas dunia!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Populer

To Top