*Artikel ini merupakan kontribusi ekslusif dari Dewi Anggrayni (Kontributor Takaitu.com di Malaysia)

Mengikut sejarah, konon ceritanya di Malaysia memang terdapat satu kota yang sarat dengan peninggalan Pagaruyung Minangkabau. Tim Takaitu.com telah membuktikan kebenaran tersebut, dengan melihat langsung berdiri tegaknya rumah yang bercorak khas Minangkabau di Negeri Sembilan, Malaysia.

Biar lebih faham, yuk kita lihat 5 bukti berikut yang menunjukkan kebenaran keberadaan keturunan Minang di Negeri Sembilan, check this out!

1. Rendang menjadi makanan khas masyarakat Negeri Sembilan

Bukti Sejarah Adat Minangkabau di Negeri Sembilan
Sajian Rendang (Foto : 4.bp.blogspot.com)

Siapa yang tak kenal dengan rendang, makanan yang sudah terkenal di nusantara dan bahkan luar negeri ini sudah tak asing lagi di lidahmu. Nah, di Negeri Sembilan Malaysia, rendang merupakan makanan khas mereka, meski rasa rendangnya berbeda dengan rendang asli di Sumatera Barat, namun nama dan bentuk penyajian makanannya serupa. Dan ini merupakan salah satu bukti bahwa adat Minangkabau ada di Negeri Sembilan.

PILIHAN EDITOR

2. Keberadaan bangunan Istana Lama Seri Menanti yang khas dengan nuansa Minangkabau

Istana Lama Seri Menanti di Negeri Sembilan (Foto : 3.bp.blogspot.com)

Istana Lama Seri Menanti adalah salah satu bukti sejarah keberadaan keturunan Minang di kota itu. Bangunan Istana ini menghadirkan nuansa asli Minangkabau ketika berada didalamnya. Di berbagai sudut istana juga sarat dengan nuansa Minang lengkap dengan berbagai barang bersejarah.

Dalam sejarah tertulis, menyatakan bahwa bangunan ini telah dibuat semenjak tahun 1902. Bahkan dulunya pernah menjadi tempat kediaman raja Minangkabau yang ada di Negeri Sembilan.

“ Melihat dari luar saja sudah berasa ada di Pagaruyung, apa lagi kalau sudah masuk ke dalam Istana. Istana ini dibuka untuk umum mulai jam 7 pagi sampe jam 6 sore,” ujar Yanti salah seorang pengunjung yang sengaja datang dari Sumatera barat dengan keluarganya membuktikan kebenaran bangunan bersejarah ini.

Bangunan kayu istana ini terdiri dari 99 batang tiang penyanggah. Dan masing-masing kayu disusun tanpa menggunakan paku. Setiap sambungan yang perlu dibuat menggunakan kayu pasak sama persis dengan bangunan rumah adat Minang. Jika berkesampatan masuk kedalam Istana, terdapat sangat banyak bukti barang bersejarah yang menunjukkan kehadiran keturunan Minang sampai di Negeri Sembilan.

3. Bahasa sehari-hari masyarakat Negeri Sembilan adalah bahasa Minang

Menggunakan bahasa Minang sehari-hari (Foto : takaitu.com)

Bahasa sehari-hari masyarakat Negeri Sembilan adalah bahasa Minang? What? Memang benar hampir di setiap Jorong masyarakat di Negeri Sembilan menggunakan bahasa minang yang sangat kental dalam berkomunikasi. Keren yah?

4. Baju Kurung menjadi ciri khas pakaian wanita Negeri Sembilan

Baju Kuruang Basiba (Foto : minangkabaunews)

Selayaknya wanita Minang di Sumatera Barat, baju kurung sejak dulunya sudah dijadikan pakaian sehari-hari kaum hawa. Demikian juga di Negeri Sembilan, sebagian besar wanita ditemui menggunakan baju kurung sehari-hari.

5. Di sejumlah lokasi sangat banyak ditemukan rumah penduduk yang bangunannya sama persis dengan bangunan khas Minang

Bukti Sejarah Adat Minangkabau di Negeri Sembilan (Foto : arekokfaezah.blogspot.co.id)

Jika kamu berkunjung ke Negeri Sembilan, di beberapa lokasi kamu akan menemukan rumah penduduk bercorak bangunan bagonjong. Selain rumah penduduk. masih ada lagi bangunan lainnya yangdibangun membentuk rumah adat minang tersebut, seperti bangunan KFC dan masih banyak lagi.

Nah, itulah deretan bukti sejarah bahwa kehadiran keturunan Minangkabau ada di Negeri Sembilan, Malaysia. Apakah kamu termasuk orang Minang? Berbanggalah karna minang ada dimana-mana!