Halo, Takaiters!

Sudah tahu dong, Guys, kalau umat Muslim, dalam hitungan minggu akan menyambut datangnya bulan yang istimewa, yaitu bulan Ramadan. Namun, tahukah kamu apa yang membuat bulan Ramadan menjadi istimewa? Yuk, simak ulasan berikut!

Malam Lailatul Qadr

Keistimewaan Ramadan
Foto: pasberita.com

Sudah pada tahu kan kalau Alquran diturunkan pada saat bulan Ramadan? Malam diturunkannya Alquran disebut malam Lailatul Qadr. Sesuai Alquran dan hadist, umat Islam percaya bahwa jika malam Lailatul Qadr lebih baik daripada seribu bulan. Sehingga banyak orang ber-¬†i’tikaf di masjid dan memperbanyak ibadah pada malam tersebut guna mendapatkan lebih banyak keberkahan dan hidayah.

Sahur

Keistimewaan Ramadan
Foto: islamidia.com

Untuk memulai puasa Ramadan, disunnahkan bagi umat Muslim untuk mengawalinya dengan ibadah sahur atau makan di waktu dini hari sebelum azan shubuh tiba. Ini merupakan waktu yang istimewa, lho, Guys! Jarang ‘kan di bulan-bulan selain Ramadan keluarga berkumpul untuk makan bersama di waktu dini hari? Kalaupun di bulan lain melakukan puasa sunnah, rata-rata hanya beberapa anggota keluarga yang menjalankan sahur.

Pada saat sahur, kita harus bisa melawan kantuk untuk fokus makan guna menyempurnakan ibadah puasa. Nah, di sinilah pahalanya tersembunyi, Guys! Bisa nggak kita melawan godaan setan yang bisikin untuk tidur saja. Bisa nggak kita fokus untuk menjalankan puasa sejak sahur hingga petang. Hal tersebut yang bikin sahur punya sensasi berbeda!

Salat Tarawih

Keistimewaan Ramadan
Foto: 2.bp.blogspot.com

Selain sahur, ibadah sunnah lainnya di bulan Ramadan adalah salat Tarawih. Ini sangat istimewa, Guys! Untuk pelaksanaannya, kita disunnahkan untuk berjamaah di masjid. Tetapi, boleh juga dilakukan sendiri di rumah. Namun, dengan melaksanakan salat Tarawih berjamaah di masjid, kita bisa menjalin silaturahim dengan keluarga & tetangga, kan, Guys! Di bulan-bulan selain Ramadan mungkin kita jarang bertemu, tapi di bulan Ramadan ini kita bisa bertemu & ngobrol. Seru, kan, Guys!

Pilihan Editor



Bebuka Puasa Bersama

Keistimewaan Ramadan
Foto: detik

Ini dia tradisi yang ditunggu semua orang di bulan Ramadan. Yup! Tradisi Buka Bersama atau sering disebut Buk-Ber ini, paling dinanti banyak orang, karena merupakan momen kumpul bareng keluarga bahkan reuni dengan teman juga, Guys! Dan ini juga yang bikin resto & foodcourt semua full booked.

Pahala Berlimpah

nostalgia puasa waktu kecil
Foto: 2.bp.blogspot.com

Secara spiritual, Ramadan istimewa sekali, karena segala kebaikan dan ibadah kita dilipatgandakan pahalanya oleh Allah. Jadi, kesempatan, nih, Guys, nabung pahala sebanyak-banyaknya di bulan ini. Dan jangan sampai menodai bulan ini dengan hal-hal yang buruk. Sayang, kan, Guys, Ramahan cuma datang sekali, lho, dalam 1 tahun. Manfaatkan ibadah semaksimal mungkin di bulan mulia ini, ya!

Mudik

Keistimewaan Ramadan
Foto: 3.bp.blogspot.com

Last but not least, yang bikin Ramadan istimewa adalah tradisi mudik. Tradisi satu ini berkaitan juga dengan bulan Ramadan. Tradisi mudik membuat Ramadan menjadi istimewa  karena sebagian orang sudah banyak yang berpikir untuk booking tiket duluan bahkan dari sebelum Ramadan tiba.

Tiket-tiket pasti diperebutkan dan biasanya cepat sekali habis. Tapi itulah yang membuat seru, Guys! Berburu tiket mudik demi bisa berlebaran dengan keluarga yang jauh di sana. Belum lagi nanti masalah kemacetan, penuhnya orang di pool bus, stasiun, bahkan di bandara. Kondisi ini hanya terjadi di akhir-akhir bulan Ramadan, lho, Guys! Nah, hal-hal tersebut menambah Ramadan semakin terasa istimewa.

Itu tadi, Guys, yang membuat Ramadan selalu istimewa dan ditunggu kedatangannya. Tapi jangan lupa, yang lebih penting siapkan fisik, mental, dan jiwa kita, ya, Guys, dalam menyambut Ramadan yg mulia ini. Persiapkan ibadah terbaik kita, Guys! Sudah siap ‘kan menyambut Ramadan?