Sosok mantan presiden kedua Indonesia ini meskipun sudah wafat tetap dikenang dan fenomenal di kalangan rakyat Indonesia. Terlepas dari kekurangan dan kelebihannya, Soeharto adalah satu-satunya mantan Presiden Republik Indonesia yang memerintah lebih dari 30 tahun lamanya. Watak dan karakter kepemimpinannya secara tidak langsung ikut andil dalam terbentuknya watak bangsa Indonesia.

Watak dan karakter dari sosok Soeharto itu sebenarnya mudah ditemui jika kamu mengunjungi Museum HM Soeharto yang ada di daerah Kemusuk, Argomulyo, Bantul, Yogyakarta. Begitu memasuki pintu gerbang museum yang lokasi tanahnya dahulu merupakan tempat kelahiran Soeharto, kamu akan disambut oleh patung Pak Harto yang berpakaian militer dengan pangkat jenderal bintang empat.

wisata museum soeharto
Foto : 4.bp.blogspot.com

Pengunjung selanjutnya akan dipersilakan untuk menonton video tentang kisah hidup Pak Harto selama kurang lebih 15 menit di ruangan berbentuk pendopo yang bisa muat ratusan orang. Usai menonton video perjalanan hidup Pak Harto, kamu bisa memasuki ruangan museum yang cukup megah yang berisi informasi serba digital.

Pilihan Editor

Ruang informasi serba digital itu juga berisi tentang kisah Pak Harto ketika menjadi pasukan gerilya dan berperan dalam Serangan Umum 11 Maret (SUPERSEMAR) di Yogyakarta. Peran Pak Harto sebagai Pangkostrad sekaligus perannya sebagai panglima penumpasan G-30-S-PKI, sebagai Panglima Mandala Trikora, Presiden RI, dan sampai lengsernya Soeharto di tahun 1998.

wisata museum soeharto
Foto : 2.bp.blogspot.com

Jika pengunjung sudah keluar dari ruangan museum, mereka masih bisa melihat petilasan Pak Harto yang lain, seperti sumur, bagian rumah yang masih asli, dan lainnya. Untuk menikmati museum secara keseluruhan dibutuhkan waktu sekitar satu jam dan dapat dipastikan kamu akan lebih memahami tentang sosok Soeharto lebih dalam lagi.

Mengunjungi museum ini serasa membuka kembali kenangan lama sejarah Indonesia. Dan Soeharto adalah bintang utama dari sejarah itu. Lewat museum ini Soeharto dikenang dan tetap hidup di hati masyarakat Indonesia. Buat kamu yang hobi melihat benda-benda bersejarah, menyukai traveling museum, Museum Pak Harto ini bisa menjadi reperensi tujuan kamu jalan-jalan selanjutnya. Museum ini juga bisa menjadi alternatif liburan kamu yang sangat bermanfaat sekaligus mencerdaskan.