Hai, Takaiters!

Kamu pasti punya gawai’kan? Kehadiran gawai saat ini sangat memudahkan kaum milenial untuk melakukan berbagai aktivitas. Mulai dari mengerjakan tugas kantor atau kuliah, shopping, silaturahmi, membaca, atau bahkan sekadar main game semua dilakukan dengan gawai.

Hal ini kadang berimbas buruk pada mata. Jika matamu terasa lelah, mudah berair dan perih ketika lama-lama di depan gawai, boleh jadi kamu mengalami astenopia, yaitu kondisi mata yang mengalami penurunan kualitas penglihatan karena kelelahan.

Kondisi ini jika berlarut-larut akan membawa dampak buruk bagi kesehatan mata. Nggak mau ‘kan mata kamu rusak karena gawait? Yuk, lakukan tujuh tips berikut untuk menjaga kesehatan matamu!

1. Gunakan Gawai di Tempat yang Terang

Foto: pexels.com

Menggunakan gawaidi tempat yang gelap akan membuat matamu bekerja ekstra untuk melihat objek yang ada di depannya. Hal ini akan membuat matamu mudah lelah. Gunakanlah gawai di tempat yang pencahayaannya cukup agar matamu bisa lebih rileks.

2. Jaga Jarak Aman

Foto: pexels.com

Jaga jarak aman? Seperti truk saja! Ternyata bukan hanya kendaraan saja, loh, yang harus jaga jarak aman. Membaca pun ada jarak amannya. Usahakan ketika membaca jarak antara matamu dan gawai sekitar 30-45 cm.

Jarak baca yang terlalu dekat membuat otot mata bekerja ekstra yang akan membuat lensa mata menjadi cembung. Hal ini akan berujung pada rabun jauh atau miopi.

Pilihan Editor


3. Jangan Menggunakan Gawai Sambil Tiduran

Foto: pexels.com

Jika kamu menggunakan gawai sambil tiduran, kamu akan sulit menjaga jarak aman. Semakin lama membaca, jarak antara matamu dengan gawai akan semakin dekat. Membacalah sambil duduk agar jarak aman antara mata dan gadget bisa stabil.

4. Seringlah Berkedip

Foto: pexels.com

Saat menggunakan gawai, mata akan fokus memandang gawai. Dalam keadaan seperti ini, tanpa disadari mata akan jarang berkedip. Padahal dengan berkedip akan menjaga mata tidak kering. Jadi, jika merasa matamu mulai lelah, seringlah berkedip.

5. Istirahatkan Mata secara Berkala

Foto: pexels.com

Ketika harus menggunakan gawai dalam waktu yang lama, kamu bisa mengistirahatkannya secara berkala agar mata terhindar dari kelelahan. Bisa dengan menutup mata selama beberapa saat atau melihat keluar ruangan. Ini akan mengembalikan stamina matamu.

6. Mengobati Kerusakan Mata

Foto: clinicaloft.com.br

Bila mata mengalami kerusakan, segeralah untuk mengobati kerusakan tersebut. Kerusakan mata yang biasa terjadi seperti rabun jauh, rabun dekat, dan mata silindris bisa dikoreksi dengan menggunakan kaca mata. Bila tidak segera ditangani, maka hal ini akan membuat mata mudah lelah ketika menggunakan gawai.

7. Konsumsi Makanan yang Sehat

Foto: pexels.com

Konsumsilah makanan yang dapat menjaga kesehatan mata seperti makanan yang kaya akan vitamin A, C, dan E. Makanan yang mengandung vitamin A adalah minyak ikan, hati, dan susu. Makanan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, tomat dan pepaya. Sedangkan brokoli, almond, dan alpukat adalah makanan yang kaya akan vitamin E.

Nah, mudahkan tipsnya? Sekarang kamu sudah punya solusi untuk mengatasi mata lelah karena terlalu lama menggunakan gawai. Yuk, sayangi mata kita!