Salam, Takaiters!

Pesona Turki sebagai tujuan wisata sudah terkenal hingga ke mancanegara. Negara Islam yang terletak di antara dua benua ini memiliki banyak destinasi menarik yang patut untuk dikunjungi.

Turki memiliki banyak bangunan unik yang sangat populer di dunia diantaranya, Galata Tower, Galata Bridge, Dolmabahce Palace, Basilica Cistern, dan sebagainya. Nah, diantara beberapa bangunan unik di atas, ada satu lagi yang tak kalah populer yakni Masjid Sanclakar.

“Masjid Sanclakar merupakan masjid terunik di Turki sekaligus masjid bawah tanah pertama di dunia yang terletak di distrik Buyukcekmece, Istanbul, Turki”

Masjid Sanclakar ini dibangun pada bulan Mei 2011, namun kepopuleran sudah sampai ke penjuru dunia. keren ‘kan? Oh, iya, selain itu, masjid ini juga telah memenangkan tempat pertama dalam kompetisi Arsitektur Fest Dunia untuk tempat ibadah.

mesjid bawah tanah pertama didunia
Foto: denizdeninciler.com

Untuk desain dari masjid Sanclakar itu sendiri terinspirasi dari Gua hira dengan menggabungkan desain islami dan ukiran khas Ustmaniyah dengan sentuhan modernisasi. Masjid ini terletak di kedalaman 1200 meter persegi di bawah permukaan tanah. Unik, ya?

Pilihan Editor


Jalur utama masjid ini diterangi oleh sinar matahari sehingga tetap menciptakan lingkungan terang. Pada dinding depan atas, membentang kaca yang transparan sehingga cahaya matahari dapat leluasa menyinari ruang utama.

Dibagian tengah dan belakang masjid hanya mendapat penerangan dari lampu. Namun, tentu tetap dirancang sebaik mungkin agar memberikan efek nyaman kepada pengunjung yang datang untuk beribadah.

mesjid bawah tanah pertama didunia
Foto: radikal.com

Masjid ini dibangun oleh Emre Arolat yang sekaligus merupakan arsitek dari negara Turki. Masjid bawah tanah pertama di dunia ini dirancang tanpa menara atau lambang bulan sabit. Masjid ini memiliki kapasitas lebih dari 650 jamaah.

Salah satu tujuan Masjid Sancaklar ini dibuat adalah untuk menambah kapasitas dari kekurangan masjid di distrik Buyukcekmece, karena mayoritas masyarakat disana 99 persen adalah muslim.

Gimana, Takaiters? Tertarik untuk mengunjungi masjid unik ini?