Halo, Takaiters!

Madu merupakan bahan alami yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Kamu pasti sudah paham tentang hal ini kan, Guys? Mayoritas kita pun pasti menyukai rasa manis dari madu dan hanya beberapa gelintir saja yang mungkin kurang menyukainya.

Rasa manis madu sebagai pemanis alami telah dikenal jauh sebelum abad ke-16, dimana gula baru mulai muncul sebagai bahan pemanis dan kemudian menggantikan posisi madu. Tentu saja Guys, jika disuruh memilih, lebih disarankan bagi kita untuk mengkonsumsi madu sebagai bahan pemanis alami dibandingkan menggunakan bahan pemanis lainnya, apalagi jika itu adalah pemanis buatan.

Meskipun kaya akan manfaat dan telah dikenal luas, namun ternyata ada lho beberapa fakta dan mitos tentang bahan alami satu ini yang belum banyak diketahui oleh para penggemar madu. Apa sajakah itu? Berikut ini Takaitu rangkum 6 diantaranya:

1. Madu lebih disarankan untuk dikonsumsi daripada bahan pemanis lainnya

Hal ini adalah fakta. Madu mengandung banyak sekali nutrisi, vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh, seperti Magnesium, Kalium dan Antioksidan, sementara pemanis buatan tidak. Jika dikonsumsi berlebihan dan tidak sesuai dengan ambang batas penggunaan per kilogram berat badan, pemanis buatan justru berpotensi menimbulkan ancaman kegemukan.

2. Madu lebih manis daripada gula

Faktanya memang demikian, bahwa madu lebih manis dibandingkan gula. Menurut tim peneliti dari Journal of Nutrition, dalam 1 sendok madu terkandung 23 kalori dan 6 gram gula, sedangkan dalam 1 sendok gula pasir mengandung 16 kalori dan 4 gram gula. Oleh sebab itu konsumsi madu juga harus dibatasi penggunaannya, tidak boleh terlalu berlebihan.

3. Madu tidak mengandung kolesterol

Fakta, bahwa di dalam madu memang tidak terdapat kandungan kolesterol. Kolesterol merupakan salah satu penyakit yang paling sering menjangkit orang yang memiliki pola hidup yang tidak sehat.

4. Madu membakar lemak saat kita tidur

Tak banyak yang tahu tentang fakta satu ini, Guys. Ternyata kita dianjurkan mengkonsumsi madu sebelum tidur jika sedang dalam proses diet, karena madu merupakan salah satu makanan terbaik untuk membakar lemak tubuh pada saat kita asyik terlelap.

5. Kristalisasi madu dapat menurunkan kualitas madu

Ini adalah mitos. Kristalisasi tidak mempengaruhi nilai gizi atau kualitas madu sama sekali, karena pengkristalan lebih disebabkan tingginya kadar glukosa pada madu daripada kadar airnya. Madu yang mengkristal  justru menjadi bukti bahwa kualitas madu tersebut asli (baik).

6. Minum madu menggunakan sendok logam berbahaya karena sifat asam madu bertemu dengan sifat korosi logam (mudah berkarat)

Pernah dengar tentang hal ini, Guys? Ternyata ini adalah mitos. Meski bersifat asam, hanya butuh waktu beberapa detik percampuran antara madu dengan sendok logam, sehingga sendok tidak akan berkarat sama sekali.

Guys, itulah beberapa fakta dan mitos tentang madu yang perlu kita ketahui bersama. Jangan lupa, ya, selalu minum madu untuk menjaga tubuh dan staminamu tetap fit, sehingga kamu tetap dapat terus produktif.