Kuala Lumpur, “Selain rasa buah yang nikmat, ternyata mengkonsumsi biji aprikot,  akan mendapatkan khasiat dan manfaat luar biasa bagi kesehatan,” ungkap DR Yuen Chee Keong yang disampaikan dalam kuliah bahasa di Universiti Kebangsaan Malaysia Jum’at 20 Januari 2016.

Dosen Bahasa Ingris keturunan Tionghua ini terlihat sangat paham akan kegunaan buah Aprikot. Kelas bahasa Ingris sore itu mengambil tema manfaat buah aprikot dan setelah isi kelas sore itu mencicipi sedapnya hidangan buah aprikot, DR Yuen meminta mahasiswanya untuk merangkum dan menulis ulang penjelasan dalam bahasa ingris terkait manfaat buah Aprikot.

Consume apricots will make you look younger like me, ungkap DR Yuen yang spontan membuat kelas sangat happy sore itu, dan memang kenyataannya DR Yuen tampak lebih muda di usianya 65 tahun.

DR Yuen memberikan informasi mengenai manfaat buah Aprikot, menurutnya selain merupakan buah tertua yang dikenal oleh manusia, buah ini telah dibudidayakan oleh masyarakat Armenia kuno. Katanya, kini manfaat biji aprikot telah menjadi fenomena baru yang berkhasiat untuk kesehatan.

manfaat buah aprikot
Aprikot via Shutterstock.com

PILIHAN EDITOR

Penasaran dengan kehebatan buah ini, Junaida Astina  (dipanggil Junda), salah seorang pelajar Master Gizi di Chulalongkorn University Thailand memberikan penjelaskan terkait kegunaan buah Aprikot kepada Tim Takaitu.com

Berikut ini Junaida Astina menjelaskan beberapa manfaat biji aprikot :

1. Baji aprikot baik untuk pernapasan seperti paru-paru

Wanita asal bogor yang akrab disapa Junda menjelaskan, aprikot dapat meningkatkan kekebalan tubuh, beberapa peneliti menyatakan bahwa biji aprikot mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga mampu membantu mencegah penyakit.

2. Baik untuk kulit

Minyak yang di ekstrak dari biji aprikot dapat digunakan sebagai pelembab alami. Aprikot tidak meninggalkan residu minyak dan dapat membuat kulit lebih lentur. Tidak mengherankan, Jika biji aprikot digunakan sebagai bahan dalam lotion dan pelembab untuk kulit.

3. Meringankan sembelit

Aprikot merupakan salah satu makanan yang sangat aman setelah papaya untuk pencernaan. Biji aprikot telah diklaim memiliki sifat pencahar yang mampu memerangi sembelit dan memastikan gerakan usus yang teratur. Biji aprikot  membantu melawan sembelit, meningkatkan gerakan usus dan buang air besar lebih teratur.

4. Mencegah penyakit kanker

Vitamin B17 yg terdapat didalam biji aprikot memberikan sifat analgesik serta dapat mencegah perkembangan sel kanker. Untuk diketahui bahwa didalam biji aprikot mengandung vitamin B17 dalam jumlah yang baik, biji aprikot tidak hanya memiliki sifat analgesik yang membantu dalam memerangi rasa sakit kanker tetapi juga memiliki difat anti-tumor dan anti-mikroba.

5. Mengurangi rasa sakit rematik

Bagi penderita rematik, kandungan dalam biji aprikot sangat ampuh meredakan rasa sakit bagi penderita rematik.

6. Menurunkan tekanan darah.

Bagi penderita darah tinggi biji aprikot ini merupakan salah satu pilihan untuk dapat dikonsumsi secara rutin untuk dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

7. Antioksidan,

Biji aprikot mengandung karotenoid yang dikenal sebagai antioksidan jumlah besar sehingga manfaat biji aprikot msmpu untuk melawan penuaan.

8. Meningkatkan daya tahan tubuh

Biji aprikot sangat berguna dalam meningkatkan pertahanan, berkat memiliki kemampuan untuk merangsang sistem kekebalan tubuh, yang menghasilkan meningkatkan pertahanan alami untuk melawan infeksi dan penyakit. Biji aprikot sangat berguna dalam meningkatkan pertahanan, berkat memiliki kemampuan untuk merangsang sistem kekebalan tubuh, yang menghasilkan meningkatkan pertahanan alami untuk melawan infeksi dan penyakit.

Lebih lanjut dijelaskan Junda, buah aprikot kaya akan provitamin A dan vitamin C serta mineral seperti kalium, kalsium dan magnesium, selain itu juga mengandung beta-karoten dan tanin. Sehingga sangat ideal untuk anak-anak karena membantu dalam pertumbuhan tulang, jaringan dan sistem saraf mereka.

“ Mengkonsumsi buah aprikot merupakan salah satu pilihan untuk menciptakan pola hidup yang lebih sehat, jika dikonsumsi secara rutin akan sangat bermanfaat untuk pencernaan dan kesehatan kita,” tutup Junda.

Nah..Sekarang setelah diketahui banyaknya manfaat biji aprikot ini, maka tidak ada alasan lagi untuk tidak memilihnya menjadi makanan sehat pilihan setiap hari…Agar tubuh kita tetap sehat J