Hai, Takaiters!

Setiap daerah mempunyai ciri khasnya masing-masing. Mulai dari adat istiadat hingga kuliner. Ciri khas yang ada adalah identitas budaya setempat, yang menjadi kekayaan Bangsa Indonesia.

Berbicara mengenai makanan khas, jangan lupa dengan salah satu kuliner andalan masyarakat Kalimantan Selatan. Yaitu, mandai, makanan lauk nasi terbuat dari kulit cempedak yang sudah difermentasi.

Bagi orang Banjar, hampir seluruh bagian buah cempedak bisa dimanfaatkan sebagai penganan. Mulai dari daging buah yang menjelma menjadi gorengan dengan rasa manis gurih, begitu juga dengan bijinya jika direbus bisa menjadi kudapan enak. Sedangkan kulitnya diolah menjadi mandai atau dami.

Cara membuat mandai cukup mudah. Kulit buah cempedak yang sudah masak dikupas, kemudian direndam dalam wadah tertutup yang sudah berisi air garam. Lama perendaman sebelum dimakan tergantung selera si pembuat, ya, Guys. Bisa 3 hari atau bahkan hingga 1 tahun.

Pilihan Editor



Mandai ini primadona segala zaman. Tak peduli banyaknya menu-menu masa kini bermunculan dengan berbagai variasi dan cita rasa. Tak ada yang bisa menggeserkan posisi mandai dari hati orang Banjar. Mandai akan selalu disukai dan dinikmati.

Tak heran, jika musim buah cempedak tiba, yang laris dan berharga lebih mahal, bukan buah cempedaknya melainkan kulitnya. Wajar saja, mengingat betapa enaknya rasa mandai ini bikin orang berlomba-lomba membuatnya.

Mandai digemari karena rasanya yang asam dan gurih, membuat selera makan jadi bertambah. Kalau tidak dikendalikan, jadi sulit berhenti makan, loh, Guys. Makanya, bagi yang takut dietnya gagal, sangat dianjurkan untuk menghindari mandai.

Cara mengolah mandai sampai terhidang di meja makan sangat gampang. Sebelum dimasak mandainya dicuci bersih dulu. Soal cara memasaknya bagaimana, tergantung selera saja. Ada yang cuma digoreng seperti menggoreng ikan, ada juga yang di suwir kemudian ditumis dengan bumbu bawang merah, bawang putih ditambah cabai bagi yang suka pedas, atau sebagian orang ada yang memasaknya dengan cara digoreng tepung, seperti mengolah ayam goreng tepung. Dimasak macam apa pun, semuanya enak, kok, Guys.

Nah, demikian ulasan tentang mandai, ya, Guys. Bagi yang penasaran, silakan mampir ke Kalimantan Selatan saat musim buah cempedak tiba, banyak, kok yang jual mandai baik yang masih di dalam toples atau yang sudah dimasak