Hai, Takaiters!

Tanggal tujuh belas Agustus sudah di depan mata. Beberapa hari lagi adalah hari istimewa untuk seluruh rakyat Indonesia. Hari di mana kita merdeka, terlepas dari penjajah. Biasanya orang-orang akan melakukan kegiatan yang unik guna memperingati hari kemerdekaan. Berikut adalah lima hal yang identik dengan hari kemerdekaan. Pasti ada ketika tujuh belasan, Guys!

1. Aneka Lomba yang Unik dan Seru

lomba 17 agustus
Foto: frekuensikita.blogspot.com

Merayakan kemerdekaan tidak lengkap rasanya tanpa aneka perlombaan yang unik dan seru. Setiap daerah umumnya akan menggelar lomba yang diperuntukkan bagi anak-anak hingga orang dewasa. Lomba-lomba populer yang selalu ada guna memeriahkan hari kemerdekaan di antaranya, balap karung, makan kerupuk, panjat pinang, hingga memasukkan pensil ke dalam botol. Kamu pernah ikutan yang mana, nih, Guys?

2. Bendera

Fakta Sang Saka Merah Putih
Foto: jadiberita.com

Jelang tujuh belas Agustus, kamu pun akan melihat banyak bendera. Baik itu di rumah-rumah warga, maupun sepanjang jalan. Bendera merah putih beragam bentuk dan ukuran, benar-benar menambah semarak suasana hari kemerdekaan.

3. Upacara

Foto: nolduanews.com

Tanpa upacara, tanggal tujuh belas Agustus rasanya kurang lengkap, Guys. Prosesi ini sebagai simbol kemerdekaan kita. Nah, biasanya stasiun TV akan menyiarkan secara langsung upacara bendera di Istana Negara mulai dari pengibaran bendera, hingga sorenya proses penurunan Sang Saka Merah Putih. Tak hanya itu, sekolah sampai dengan instansi pemerintah pun akan turut menggelar upacara kemerdekaan.

4. Kerja Bakti

Foto: pelindomari.com

Sudah menjadi hal yang lumrah kalau jelang hari kemerdekaan, warga digerakkan untuk melakukan kerja bakti. Lingkungan diharapkan bersih dan rapi. Selain itu, tak jarang kampung-kampung dihias sedemikian rupa dengan pernak-pernik khas tujuh belasan. Meriah banget!

5. Lagu Nasional Berkumandang

Foto: style.tribunnews.com

Tiap hari kamu pasti mendengarkan lagu-lagu pop yang hits atau dangdut, bukan? Sampai hafalĀ  lirik dan familier banget di telinga. Namun, di hari istimewa bagi rakyat Indonesia nanti, tak hanya lagu-lagu beken yang bakal diputar. Kamu pun akan kerap mendengar lagu-lagu nasional berkumandang. Semangat nasionalisme jadi kian berkobar!

Kemerdekaan Indonesia diraih susah payah dan penuh perjuangan oleh para pahlawan. Sudah sepatutnya kita mengapresiasi dengan cara mengukir prestasi bagi bumi pertiwi. Mulailah melakukan aktivitas positif dengan harapan bisa menularkan ilmu maupun kebisaan kita kepada orang lain, jangan mencoreng nama Indonesia dengan tingkah negatif, serta selalu ingat jasa-jasa para pahlawan terdahulu. Selamat merayakan hari kemerdekaan!