Hai, Takaiters!

Yohanes Ande Kala alias Joni sempat menjadi viral sejak aksi heroiknya memanjat tiang bendera pada upacara peringatan hari kemerdekaan NKRI pada 17 Agustus lalu di Nusa Tenggara Timur.

Dengan aksinya tersebut, Joni dibanjiri dengan pujian dan apresiasi dari berbagai kalangan. Di antaranya beasiswa dari PLN, uang tunai 50 juta dari pengacara Hotman Paris, serta mendapatkan sepeda dan rumah dari Presiden Joko Widodo.

Tapi tahukah kamu, bahwa aksi heroik yang dilakukan oleh Joni tersebut, sebenarnya sudah pernah dilakukan oleh seorang bocah laki-laki berumur 13 tahun asal Kepulauan Aru.

Ia adalah Reza Mangar, bocah pemanjat tiang bendera pada Upacara Hari Ulang Tahun Kabupaten Kepulauan Aru ke-14 tahun di kota Dobo pada 18 Desember 2017.

Kala itu, tak ada yang melebih-lebihkan aksi heroik Reza dan tidak banyak diketahui oleh orang banyak, sehingga ia tidak mendapatkan pujian serta apresiasi seperti apa yang didapatkan oleh Joni saat ini.

Pilihan Editor



Setelah menyelamatkan kelangsungan upacara, Reza hanya mendapat apresiasi seadanya. Reza hanya mendapat jabatan tangan dari dua orang pejabat setempat. Sungguh miris, bahkan setelah upacara berakhir, tak ada apresiasi baik dari masyarakat atau pun pemerintah yang datang untuk memberikan penghargaan seperti yang terjadi pada Joni.

Melihat kehidupannya, Reza merupakan bocah yatim yang ditinggal wafat ibunya sejak berumur 2 tahun. Sementara ayahnya tidak pernah mengurusnya karena mereka terpisah. Reza kini tinggal bersama neneknya di Kawasan Perek, Kelurahan Siwa Lima, Kepulauan Aru, Maluku.

Reza sempat mengenyam pendidikan, namun ia berhenti pada saat kelas 4 SD, karena alasan faktor ekonomi. Setelah putus sekolah, Reza bekerja sebagai nelayan di kota Dobo untuk membiayai hidup bersama neneknya.

Saat ini, begitu banyak netizen yang berbondong-bondong untuk membuat kisah Reza menjadi viral. Setidaknya, agar Reza juga mendapat perhatian khusus dari pemerintah layaknya apa yang dialami oleh Joni. Atau minimal, Reza bisa kembali bersekolah dan mewujudkan cita-citanya sebagai anak bangsa.