Hola, Takaiters!

Pernahkah terpikir untuk berwisata seru ke sebuah lembah yang indah, Guys? Beruntunglah kamu yang tinggal ataupun sering mengunjungi Padang, karena ada satu lagi bentang alam lembah yang memiliki keindahan yang aduhai. Tempat tersebut bernama lembah Harau.

Lembah Harau adalah objek wisata alam andalan di Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat. Lembah yang subur ini  terletak di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota. Perjalanan 3 jam dari kota Padang tidak akan terasa, begitu sampai di lokasi. Kamu akan disuguhkan suasana alam pegunungan indah dihiasi jejeran air terjun setinggi kurang lebih 100 meter.

Sudah bersiap untuk mengetahui keistimewaaan lembah Harau yang lain? Berikut penjelasannya:

Lembah Harau dianggap bersaing dengan Sierra, Nevada

Foto: merdeka.com

Lembah Harau dikelilingi tebing granit terjal berwarna-warni dengan ketinggian 100 sampai 500 meter. Pemandangan yang spektakuler tersebut diangap mampu menyaingi keindahan tempat wisata terkenal di dunia, lho. Lembah ini dijuluki Lembah Yosemite-nya Indonesia karena memiliki keindahan seperti Taman Nasional Yosemite di Sierra Nevada, California, yang populer di seluruh dunia.

Mandi atau membasuh muka di resort yang ada di Lembah Harau dipercaya akan lancar jodoh dan awet muda

Foto: jalan-jalan basamosamo.blogspot.com

Kawasan objek wisata Lembah Harau ini menawarkan keindahan lain, yaitu 3 resort spektakuler. Ketiga resort indah tersebut adalah  Resort Aka Barayun, Resort Sarasah Bunta, dan Resort Rimbo Piobang . Resort Aka Barayun memiliki keindahan air terjun yang mempunyai kolam renang, cocok untuk pengembangan olah raga panjat tebing. Resort ini memiliki bukit batu yang terjal dan juga mempunyai lokasi yang bias memantulkan suara atau echo.

Lalu ada kepercayaan bahwa saat wisatawan mengunjungi sarasah Bunta, mereka dapat menjadi awet muda saat membasuh muka dari air terjun yang mengalir ke kolam pemandian.

Bagi yang ingin dipermudah dalam perjodohan, dapat mengunjungi Sarasah Murai. Dengan mandi di bawah air terjun dipercaya akan beruntung dalam hal perjodohan. Tertarik untuk mencoba, Guys?

Cagar alam yang menakjubkan

Foto: chalouiss.blogspot.com

Rupanya lembah Harau memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai cagar alam sekaligus taman wisata. Berbagai jenis tanaman dan binatang ada di sini. Monyet ekor panjang (Macaca fascirulatis) bisa dilihat di sini. Ada pula siamang (Hylobatessyndactylus), dan simpai (Presbytis melalopos).

Hewan yang juga dilindungi di sini adalah harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrensis), beruang (Helarctos malayanus), tapir (Tapirus indicus), kambing hutan (Capriconis sumatrensis), dan landak (Proechidna bruijnii).

Selamat melancong ke Lembah Harau. Konon kabarnya, para pengunjung enggan pulang dari lembah istimewa tersebut. Silakan datang dan buktikan sendiri ya, Guys!