Tidak terasa, waktu satu tahun sudah berlalu. Kembali lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan. Persiapan apa sajakah yang sudah Takaiters lakukan untuk menyambut datangnya bulan Ramadan ini?.

Adanya persiapan akan sangat membantu diri untuk lebih baik dan sukses dalam mengisi waktu di bulan Ramadhan. Jangan sampai bulan Ramadan berlalu tanpa makna. Betul nggak Takaiters?

Berikut beberapa persiapan yang bisa Takaiters lakukan untuk menyambut Ramadan, antara lain:

Melakukan Evaluasi Diri

hal persiapan saat ramadan
Foto: pexels.com

Evaluasi dulu terkait amal ibadah Takaiters di Ramadan tahun lalu. Apa saja sih kekurangan dan kelebihan yang diakukan di tahun lalu. Takaiters bisa coba ya melist kelebihan dan kekurangannya di Ramadhan lalu untuk menjadi bahan evaluasi di tahun ini.

Membuat Target

hal persiapan saat ramadan
Foto: pexels.com

Hasil evaluasi pada point 1, kemudian direview ulang sebagai panduan untuk membuat target di Ramadhan tahun ini. Pastikan, tahun ini amal ibadahnya harus lebih baik dari tahun sebelumnya ya! Kenapa? Karena orang beruntung adalah orang yang hari ini lebih baik dari hari sebelumnya.  Untuk itu, Ramadhan tahun ini harus lebih baik dan full energi kebaikan ya.

Luruskan Niat

hal persiapan saat ramadan
Foto: pexels.com

Penting untuk selalu memperbaharui dan meluruskan niat dalam segala amalan. Karena amal seseorang tergantung pada niatnya. Misal, niat puasa agar bisa diet dan kurus. Ayo diluruskan niatnya ya. Puasa bukanlah jalan untuk kurus atau diet. Kalau pun kemudian setelah puasa tubuh jadi lebih kurusan anggaplah sebagai bonus. Pastikan niat diri tetap lurus untuk beribadah puasa karena Allah SWT.

 Menjaga Kesehatan Fisik

hal persiapan saat ramadan
Foto: pexels.com

Konsumsi makanan dan minuman yang sehat dan menyehatkan selama Ramadan. Mengatur porsi dan jam makan agar tidak berlebihan dan tidak mengganggu waktu ibadah. Berbuka secukupnya agar tetap prima saat menjalankan sholat Tarawih. Memilih santap sahur di akhir waktu dan konsumsi air rendaman kurma agar tetap fit beraktivitas saat puasa.

Pilihan Editor



Bergembira Menyambut Ramadan

hal persiapan saat ramadan
Foto: pexels.com

Bergembira dan bersuka cita menyambut ramadan akan memberi motivasi internal bagi diri untuk beribadah di dalamnya. Rasa gembira dan suka cita ini akan membuat pengorbanan tidak makan minum dan ibadah-ibadah lainnya terasa lebih ringan dan nikmat. Maka siapkan hati dan jiwa dengan penuh suka cita untuk menyambut datangnya bulan ramadan. Mudah-mudahan diberikan kemudahan dan kekhusyukan dalam beribadah.

Saling Bermaafan

Foto: pexels.com

Saling bermaafan satu sama lain dengan keluarga, teman, tetangga, dan saudara muslim sebelum ramadhan akan mensucikan diri untuk menyambut Ramadan dengan hati yang suci. Kebersihan hati akan membuat ibadah terasa lebih nikmat dan ringan dikerjakan. Bukankah saat puasa kita dilarang marah atau bermusuhan, maka kalau masih ada rasa marah dan salah pada orang lain, yuk saling bermaafan. Mohon maaf lahir dan batin.

Berdoa

hal persiapan saat ramadan
Foto: semana.com

Berdoa semoga Allah memberikan kemudahan, kesehatan, dan kekhusyukan bagi diri dan keluarga agar dapat menjalankan dan menikmati ibadah di bulan suci Ramadan dengan optimal.

Tentunya masih banyak lagi persiapan yang dapat dilakukan untuk menyambut Ramadan. Melakukan persiapan akan membangkitkan kesadaran diri akan datangnya bulan Ramadan. Sehingga lewat beberapa persiapan tersebut akan memudahkan Takaiters untuk bisa mengisi bulan Ramadan dengan amalan, ibadah dan aktivitas yang bermanfaat dan penuh makna.

Jangan sampai Ramadan yang Mulia berlalu tanpa kesan, ya, Takaiters. Semoga kita menjadi orang-orang yang beruntung dan mendapat banyak keberkahan di dalamnya. Insya Allah menjadi hamba yang bertaqwa. Amin