kota khiva sejarah aljabar
Artikel

Mengintip Kota Khiva, Mulai dari Jalur Sutra Hingga Ilmu Aljabar di Lahirkan

Foto : Phillippa Stewart

Tak banyak yang mengetahui tentang kepopuleran kota Khiva dimasa lampau. Dulu, kota ini merupakan salah satu rute perdagangan jalur sutra sekaligus menjadi tempat lahirnya cabang matematika aljabar. Dikota ini juga banyak tokoh-tokoh besar lahir dan belajar disana.

Untuk itu, Takaitu mengajak kamu semua untuk mengenal lebih dekat dengan kota Khiva sebagai tonggak lahirnya salah satu cabang matematika aljabar, check this out!

Berjalan mengintip kehidupan kota Khiva di masa lalu

kota khiva sejarah lahirnya aljabar

Kota Khiva (Foto : Phillippa Stewart)

Dengan kembali ke sejarah sekitar 2000 tahun yang lalu, kota yang berada di Uzbekistan ini merupakan situs warisan dunia yang penuhi dengan sisa-sisa dari istana, mesjid, dan kejayaan kota yang pernah dilalui rute perdagangan jalur sutra.

Dengan dikelilingi oleh padang pasir Kyzylkum dan Karakum, tempat ini menjadi pemberhentian terakhir para pedagang untuk menuju Iran. Tidak hanya tergambar dalam sejarah, bangunan modern disana sungguh berdiri secara harmonis, menciptakan komposisi perkotaan yang menampilkan arsitektur Islam yang sangat indah.

Sebuah Benteng Oasis yang merupakan salah satu keunikkan dari Kota Khiva

kota khiva sejarah lahirnya aljabar

Benteng Oasis (Foto : Frans Sellies/Getty)

Hal yang unik dari kota Khiva adalah adanya sebuah benteng yang berdiri di padang pasir. Di dalam benteng ada sebuah kota tua yang dikenal dengan Itchan Kala, dilindungi oleh dinding batu bata yang terbuat dari lumpur setinggi 10 meter. Ketika kamu berkunjung ke Itchan Kala, kamu bakalan disuguhkan dengan deretan arsitektur Islam kuno di setiap sudutnya. Sungguh keren bukan?

PILIHAN EDITOR

Pemandangan kota yang kaya akan mahakarya arsitektur Islam

kota khiva sejarah lahirnya aljabar

Pemandangan Kota yang akan arsitektur Islam (Foto : Phillippa Stewart)

Jika kamu menelusuri Itchan Kala, sangat rugi jika kamu tidak mampir di bangunan islam kuno salah satunya adalah menara Islam Khwaja Madrasah, dimana menara Islam Khwaja Madrasah merupakan bangunan tertinggi yang ada di Khiva, Uzbekistan.

Deretan bangunan-bangunan unik menjadi ciri khas tersendiri dari Kota Khiva

kota khiva sejarah lahirnya aljabar

Bangunan unik di Kota Khiva (Foto : Frans Sellies/Getty)

Salah satu dari banyak bangunan yang ada di Kota Khiva, ada satu bangunan yang kecil dan imut yang dikenal dengan nama menara Kalta. Menara ini terbuat dari kaca dan ubin yang memiliki banyak motif.  Keunikkan menara ini akan membuatmu terkagum ketika kamu mengunjungi kota ini.

Inspirasi dari Matematika

kota khiva sejarah lahirnya aljabar

Inspirasi ilmu aljabar (Foto : Phillippa Stewart)

Asia tengah merupakan pusat pembelajaran selama berabad-abad tahun lamanya, dan tanpa terkecuali Kota Khiva. Abu Abdallah Muhammad bin Musa Al-Khwarizm, adalah seorang ilmuan dari persia yang lahir sekitar tahun 780, Ia juga dikenal dengan sebutan “kakek ilmu komputer” yang mempopulerkan penggunaan bilangan desimal point.

Faktanya, dunia “aljabar” datang dari risalahnya aljabar matematika, dikenal dengan nama Hisab al-Jabr w’al-Muqalaba. Peninggalannya bisa dilihat dari patung yang didirikan di luar gerbang barat Kota Khiva.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Populer

To Top