kota berat albania
Unik

Menelusuri Berat, Kota Seribu Jendela di Pusat Albania

Foto : wacana.co

Albania merupakan salah satu negara Balkan yang terletak di Eropa bagian tenggara. Berbicara tentang Albania, ada suatu tempat yang unik untuk dibahas, tempat dimana saksi akulturasi berbagai agama, budaya, dan manusia selama berabad-abad. Kota Berat adalah nama tempat tersebut. Kota ini sering digadang-gadangkan sebagai karakter kota langka karena bangunan ini memiliki arsitektur dengan bangunan pada periode Ottoman di Eropa.

Berat terkenal dengan julukan kota seribu jendela

kota berat albania

Sejarah Kota Berat (Foto : wacana.co)

Kota Berat merupakan salah satu kota istimewa yang masuk kedalam daftar kota yang dilindungi oleh UNESCO. Kota ini telah dihuni lebih dari 40 ribu orang warga. Kota ini memiliki ciri khas yang unik, dimana rumah-rumahnya memiliki banyak jendela. Masing-masing rumah bisa memiliki hingga sepuluh jendela loh. Jadi tak heran jika kota ini dijuluki sebagai Kota Seribu Jendela.

Pilihan Editor

Berat, kota kuno yang menyimpan banyak pesona bersejarah

kota berat albania

Pesona keindahan Kota Berat (Foto : 2.bp.blogspot.com)

Kota Berat adalah kota orang-orang Macedonia yang mulai bergeliat pada paruh abad keempat SM. Kota Berat berdiri tepat berada di bawah bukit dimana tempat itu dulunya adalah bangunan Kastil Berat. Sejarah mencatat, rumah-rumah di Kota Berat sudah ada sejak abad ke-11 Masehi.

Pada abad ke-13, Kesultanan Ottoman dari Turki menduduki kota ini. Pihak kesultanan tetap menjaga tiap rumah dan bangunan di sana, serta mendirikan masjid-masjid untuk umat Muslim yang datang. Meskipun telah diduduki sejak zaman Romawi, Kota Berat lebih banyak memiliki struktur dan arsitektur yang sebagian besar dibangun pada abad ke-13 Masehi.

Mengenal Kala, benteng yang mengelilingi Kota Berat

kota berat albania

Mengenal Kala, Benteng di Kota Berat (Foto : wacana.co)

Kota Berat dikelilingi oleh sebuah benteng yang dikenal dengan Kala. Benteng ini masih berdiri kukuh hingga saat ini. Di area benteng masih bisa kita jumpai sisa-sisa gereja masa Byzantium pada abad ke-13 Masehi, dan masjid yang dibuat pada abad ke-15 Masehi, termasuk reruntuhan bekas Xhamia e Kuqe (Masjid Merah).

Di sekitar benteng juga bisa kita temukan Gereja Saint Mary dan Museum Onufri. Museum Onufri merupakan sebuah museum yang menampilkan sejarah dan kehidupan dari daerah setempat.

Itulah sedikit pembahasan tentang sebuah kota kuno yang terletak di Albania, yang sekaligus dijuluki sebagai kota seribu jendela yang penuh akan sejarah yang unik.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Populer

To Top