kopi bajawa flores
Artikel

Mengenal Arabica From Bajawa, yang Aromanya Menembus Negeri Donald Trump

Foto : distributorkopi.com

Arabica From Bajawa, itulah nama panggilan kopi yang berasal dari Ngada, Kepulauan Flores yang diberikan oleh orang-orang diluar sana. Para petani kopi di Kabupaten Ngada ternyata lebih dulu mengenalkan kopi ini ke dunia internasional dengan cara mengekspornya ke negara-negara besar seperti Jepang dan Amerika.

Sejarah Kopi Bajawa nan mendunia asal Ngada, Flores

kopi bajawa flores

Kopi Bajawa Flores (Foto : distributorkopi.com)

Kepulauan Flores memang terkenal dengan hasil kopi nya yang mendunia. Salah satu diantaranya adalah Kopi Bajawa yang ada di daerah Bajawa. Bajawa berasal dari kata Bhajawa, yang terdiri dari dua suku kata yaitu “Bha” dan “Jawa”. “Bha” artinya piring, sedangkan “Jawa” artinya perdamaian.

Jadi dapat diartikan bahwa Bhajawa merupakan sebuah piring perdamaian atau daerah yang mengawali perdamaian untuk mempersatukan keseluruhnya Flores jadi utuh.

Pengubahan dari kata Bhajawa menjadi Bajawa itu berasal dari orang-orang Belanda, dimana waktu itu orang-orang Belanda susah menyebut Bhajawa, hingga akhirnya mereka banyak menyebutnya dengan “Bajawa”.

Pilihan Editor

Kopi Bajawa di tanam ditempat yang subur, pembudayaan kopi Bajawa dilakukan dengan cara organik. Perkebunan kopi di Bajawa berada di dataran tinggi Ngada dengan ketinggian 1300 meter di atas permukaan laut. Karena berada dilokasi yang tinggilah, kopi yang dihasilkan akan semakin baik.

Aroma Kopi Bajawa menembus negeri Donald Trump

kopi bajawa flores

Coffee (Foto : pexels.com)

Tak salah kopi asal timur Indonesia ini menembus negeri Donald Trump. Karena, mempunyai citarasa yang khas dan strong. Selain memiliki citarasa nan khas, Kopi yang dihasilkan tak sebanyak jumlah kopi di Sumatera, sehingga membuat kopi Bajawa mempunyai harga yang lebih  tinggi di bandingkan kopi daerah Sumatera.

Untuk saat ini, Kopi Bajawa telah berhasil di ekspor ke seluruh dunia, tentunya paling banyak di ekspor ke negeri Donald Trump alias Amerika. Selain Amerika, ternyata kopi Bajawa juga diburu oleh Eropa, tetapi saat ini belum dapat penuhi semua, karena produksi kopi Bajawa masih begitu terbatas.

Mengintip kebiasaan orang Bajawa dengan kopinya

kopi bajawa flores

Daerah Bajawa (Foto : terrytreks.com)

Perkebunan Kopi Bajawa sudah menjadi komoditas favorit orang Bajawa. Orang-orang Bajawa mengolah kopi miliknya dengan cara tradisional, mulai dari pengeringan yang mengandalkan sinar matahari, sampai ditumbuk hingga halus menggunakan lesung secara ritmis.

Buat orang Bajawa, kopi itu adalah minuman sehari-hari, selain memberi energi, minum kopi telah menjadi tradisi di daerah mereka. Setiap ada yang bertamu ke rumah mereka, maka kopi juga yang disuguhkan kepada tamu mereka. Hal seperti inilah yang membuat mereka semakin cinta kepada kopi, sebagai produk dari negeri sendiri.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Populer

To Top