Salam Takaiters,

Yihaaa, akhirnya Pangeran Harry dan Meghan Markle menikah tanggal 19 Mei 2018. Jutaan pasang mata dari seluruh dunia tertuju pada megahnyanya royal wedding dari kerajaan Inggris itu. Layaknya pernikahan anggota kerajaan Inggris lainnya, pesta pernikahan yang akhir-akhir ini jadi perbincangan hangat di semua sosial media menjadi perhatian tersendiri. Mulai dari dekorasi tempat pernikahan, sampai pernak-pernik yang digunakan pengantin wanita. Karena bagaimanapun sebagai anggota kerajaan pasti apapun yang dipakai akan serta merta menjadi acuan mode di Inggris dan dunia secara luas.

Nah, kalian para wanita yang nggak bisa dipisahkan dari urusan tata rias wajah, kali ini kita mau mengulik seperti apa dandanan para ratu dan putri yang ternyata wajib dipatuhi sampai kapan pun, lho!

Setidaknya ada 9 aturan dandanan bagi para ratu dan putri di lingkungan kerajaan Inggris. Simak, yuk!

1. Dilarang memulas lipstik warna-warna cerah dan menyala seperti warna oranye dan fushia

Para wanita di lingkungan kerajaan sudah memahami aturan ini, bahwa lipstik merah terang menyala akan membawa pencitraan kurang baik. Warna-warna tersebut dianggap kurang layak digunakan oleh anggota kerajaan. Warna pemulas bibir yang diperbolehkan sekitar warna bibir (nude) atau pink muda. Sementara Ratu Elizabeth saat ini sedang menyukai lipstik warna merah cerah.

2. Riasan yang diajurkan hanya boleh yang alami dan mengesankan dandanan flawless

Seperti make up yang biasa ditampilkan oleh Kate Middleton dalam kesehariannya, baik dalam kunjungan kenegaraan atau pun pesta. Bahkan tidak ada teknik contouring dan menonjolkan tulang pada tata rias mereka. Yang diperbolehkan hanya memulaskan blush on warna alami.

3. Bulu mata palsu sangat dilarang

Riasan mata seperti penggunaan eye liner, maskara apalagi bulu mata palsu sangat tidak diajurkan bagi wanita yang tinggal di kerajaan Inggris. Bahkan Megan Markle, istri Pangeran Harry yang dulunya adalah seorang aktris Hollywood dan terbiasa dengan riasan mata yang tebal, kini tidak diperbolehkan lagi.

4. Produk make up yang waterproof adalah idola para ratu dan putri kerajaan Inggris

Walaupun tatanan rias wajah keluarga kerajaan terkesan sederhana dan flawless namun produk yang digunakan harus yang tahan lama dan anti air. Sehingga mereka tidak perlu touch up berkali-kali untuk memperbaiki riasan.

Pilihan Editor


5. Dilarang dandan di muka umum

Jadi jangan harap, kita akan melihat seorang Kate Middleton atau Meghan Markle memperbarui riasan mereka atau hanya sekedar memulas ulang lipstik mereka. Karena ini memang larangan keras bagi semua putri.

6. Keindahan kuku menjadi salah satu perhatian yang penting

Penggunaan warna cat kuku yang terang seperti warna merah sangat tidak diperbolehkan. Termasuk kuku yang rapi, bersih dan tidak panjang merupakan salah satu aturan ketat yang berlaku. Ratu Elizabeth sendiri menyukai memakai cat kuku warna Ballet Slippers dari Essie.

7. Tatanan rambut selalu dalam kondisi rapi dan sehat

Aturan protokoler kerajaan Inggris sudah sejak lama mewajibkan tentang aturan gaya rambut yang sederhana dan rapi. Seperti Kate Middleton, walaupun ia memiliki tekstur rambut yang ikal dan jatuh terurai, namun selalu tampak terawat baik.

8. Mengikuti perawatan rambut secara berkala

Keluarga kerajaan Inggris mendapatkan fasilitas potong rambut yang baik setiap beberapa bulan sekali. Rahasia rambut sehat dan indah Kate Middleton rupanya karena ia rajin nge-blow rambutnya setiap hari. Jika ingin mengecat warna rambut, masih diperbolehkan dengan warna yang natural supaya uban tidak tampak.

9. Topi adalah aksesoris wajib

Pemakaian topi bagi kalangan wanita di dunia sudah identik dengan aksesori ‘wajib’ para putri dari kerajaan Inggris. Setiap acara formal, seperti acara pernikahan dan perayaan kerajaan pasti melibatkan topi sebagai aksesori yang mau tidak mau harus digunakan. Sementara mahkota digunakan ratu atau raja serta tiara bagi putri hanya boleh digunakan ketika berpakaian lengkap khas kenegaraan.

Wow, dari sekian aturan berdandan ala putri di kerajaan Inggris poin mana yang bikin kalian ‘sesak napas’, Guys? Ternyata menjadi anggota kerajaan tidak selalu menyenangkan karena ada aturan-aturan protokoler dari pihak kerajaan yang wajib dipatuhi sampai urusan merias wajah pun mendapatkan porsi aturan tersendiri. Bagaimana dengan kalian suka tidak dengan gaya riasan anggota kerajaan Inggris di atas?