Bicara soal Durian, pasti kota yang terlintas di kepalamu adalah Medan!  Benar kan? Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Medan tanpa mencicipi buah yang satu ini. Namun, tahukah Takaiters dibalik legitnya Durian Medan, banyak kisah yang terukir di sana, banyak cerita suka dan duka dialami para penjualnya. Penasaran ingin tahu kisahnya? Yuk! Kita intip kisah salah seorang penjual Durian yang kini berhasil menembus pasar internasional.

Elyas Marwan Sembiring, hanyalah pedagang jeruk dan sayur mayur, tak pernah terfikir olehnya suatu hari ia akan menjadi eksportir durian. Kedatangan tamu dari Malaysia telah mengubah minset nya dalam berbisnis. Saat tamu ayah dari tiga anak ini mengajak kerja sama membuka usaha durian, dengan mantap ia menjawab “setuju”.

Durian Emas, adalah nama yang di pilih sebagai brand usaha miliknya. Berbekal pengalaman seadanya, pria lulusan teknik mesin ini, mulai mengurus kelengkapan dokumen, mulai dari sertifikat kesehatan, izin menperindag dan izin Bea Cukai. Setelah semua syarat terpenuhi, 100 Kg daging durian beku di kirim sebagai sampel ke Malaysia.

kisah sukses durian emas
Foto : yearofthedurian.com

Alhamdulillah, Durian Emas berhasil menembus pasar Malaysia, pesanan pertama sebanyak 27 ton durian beku harus dikirim dalam satu musim, sungguh fantastis bukan! Kebayang ya guys, bagaimana bahagianya mendapat orderan sebanyak itu. Impian menggenggam dunia seolah melambai lambai di depan mata.

Pilihan Editor

Namun rasa bingung dan cemas pun ikut menyertai. Dari mana durian sebanyak itu di dapat dalam waktu singkat. Karena untuk mendapatkan satu kilo gram daging durian beku saja, dibutuhkan empat sampai lima butir durian, wah, berarti sekitar 108 – 135 ribu butir durian yang harus dikumpulkan untuk memenuhi permintaan pasar. Wow banyak sekali ya guys!.

Tapi, pria yang juga ketua kelompok tani ini, tidak mati langkah, ia segera membentuk tim pemburu durian yang di sebar ke setiap sudut Kota Medan, namun karena keterbatasan pengalaman, daging durian beku hanya terkumpul tujuh ton.

Belajar dari pengalaman inilah, pria yang aktif di organisasi kepemudaan ini, mengambil langkah seribu, ia menyebar tim pemburu durian bergerilia ke daerah penghasil durian di Sumatera Utara dan berkat rahmat Allah jualah Durian Emas mampu memenuhi permintaan pasar. Nyaris dalam waktu enam bulan, Durian Emas telah berhasil terkirim ke Malaysia sebanyak 119 ton. Amazing!

Nah, bagi Takaiters yang penasaran ingin mencicipi kelegitan Durian Emas, jangan khawatir, karena sebentar lagi Durian Emas akan segera hadir di Jabodetabek, dan siap menyapa pecinta durian di tanah air. Dan kabar nya nih, Durian Emas akan meluncurkan produk frozen food.
Kita tunggu tanggal mainnya ya guys!