Halo, Takaiters!

Berawal dari rumor tentang kerajaan dan dunia bawah tanah gambaran Richard Shaver tahun 1946. Seorang  penulis dan jurnalis yang juga merangkap ilmuwan, yang telah berhasil menceritakan sebuah kisah fantasi yang dipublikasikannya di majalah “Amazing stories”. Sebuah kisah tentang kebersamaannya dengan alien di bawah tanah dan betapa tingginya peradaban mereka beserta kecerdasannya.

Kisah ganjil yang menarik perhatian rakyat ternyata menarik perhatian para ilmuwan juga dan dimulailah penelitian tentang ada apa di dalam perut bumi. Penelitian yang panjang dan menghasilkan hal-hal yang ganjil juga. Tapi, tahukah kamu? Kalau sebenarnya memang ada kota-kota bawah tanah tersebut.

Yuk, kita lihat ada dimana saja kota bawah tanah yang asli!

1. Beijing Underground

Foto: globaltimes.com

Kota bawah tanah ini terletak di bawah kota Beijing, menjadi yang terbesar dan paling terkenal. Beijing Underground mempunyai luas 30km. Pembangunannya sendiri terjadi saat Mao Zedong berkuasa, sekitar tahun 1969.

Kota bawah tanah ini mempunyai beberapa bangunan seperti toko, restoran, sekolah, bioskop, barbershop hingga tempat bermain roller skate. Pembuatan kota bawah tanah Beijing adalah untuk tempat pertahanan dan persembunyian dari musuh.  Sebanyak empat puluh persen populasi Beijing dapat dilindungi saat itu, karena terdapat 1000 shelter yang melindunginya dari serangan udara.

2. Portland

Foto: tourist-destinations.com

Kota bawah tanah ini ada di Amerika, tepatnya di Portland di bawah China Town. Berbentuk terowongan  dan diberi nama Shanghai Tunnels. Kota bawah tanah ini menjadi tempat para imigran dari Tiongkok. Selain diberi nama Shanghai Tunnels, kota bawah tanah ini juga terkenal dengan nama Forbidden City atau kota terlarang, karena banyaknya kejahatan yang terjadi. Saat ini Portland telah dibuka sebagai objek wisata.

3. Moose Jaw

Foto: tunnelsofmoosejaw.com

Kota bawah tanah Moose Jaw terletak di Kanada, tepatnya di kota Saskatchewan. Kota ini dibuat sebagai jalan untuk pekerja agar tidak terkena hawa dingin. Berbentuk terowongan panjang yang sambung menyambung dengan terowongan yang lain.

Moose Jaw mempunyai bangunan-bangunan seperti toko-toko, pabrik, dan rumah-rumah. Saat ini Moose Jaw sering disebut sebagai mini Las Vegas karena aktivitas kehidupannya seperti di Las Vegas.

Pilihan Editor


4. Kish

Foto: dailymail.co.uk

Kota bawah tanah Kish terletak di Iran adalah termasuk kota bawah tanah  yang paling kuno karena berusia lebih dari 2500 tahun. Awalnya, kota bawah tanah ini merupakan tempat pengolahan air kota. Saat ini, pemerintah setempat berencana untuk membuat restoran dan pertokoan di dalamnya agar bisa menjadi objek wisata dunia.

5. Wieliczka Salt Mine

Foto: krakow-tours.com

Wieliczka adalah tempat lokasi penambangan garam di kota Polandia bagian selatan yang berhenti pada tahun 2007. Panjang pertambangannya sekitar 300km dan menjadi pertambangan terlama di Dunia.

Wieliczka Salt Minemempunyai bangunan-bangunan seperti Katedral dan tempat perkumpulan. Uniknya kota bawah tanah ini mempunyai danau di dalamnya dan pernah menajadi basis pertahanan Jerman pada perang dunia ke 2.

6. Coober Pedy Australia

Foto: pinterest.com

Tempat penambangan batu opal terbesar di dunia ini menjadi kota bawah tanah di Australia dengan sebutan opal dunia. Kota bawah tanah ini mempunyai pub, gereja, hingga area pemakaman dan masih dihuni lebih dari 1600 warga.

7. Burlington

Foto: most-unique.things.blogspot.com

Kota bawah tanah yang ada di Inggris ini, dibangun tahun 1950 sampai 1990 sebagai tempat persembunyian para anggota pemerintahan Inggris bila terjadi perang nuklir. Luasnya sekitar 1km persegi dan mampu menampung 4000 orang dengan fasilitas rumah sakit sampai kantor berita BBC.

8.

 

Foto: gizmodo.com

Kota bawah tanah Derinkuyu berada di Turki, di bawah daerah Cappadocia. Bentuknya bertingkat 7 ke bawah dan mempunyai lebih dari 1000 rumah di dalamnya. Selain rumah, ada juga pertokoan, gereja, sekolah hingga pabrik wine. Kota ini dahulu merupakan tempat pelarian warga Kristen dari kejaran tentara Romawi.

nah, Takaiters, itulah kota-kota bawah tanah yang ternyata ada di dunia dan bukan hanya sebuah dongeng fantasy penghantar tidur.