Siapa sih yang enggak kenal dengan salah satu perusahaan IT terbesar di muka bumi saat ini? Yapt, perusahaan IT tersebut adalah Google. Google merupakan perusahaan multinasional yang berbasis di Amerika Serikat. Perusahaan ini bergerak pada bidang jasa dan produk internet.

Tetapi apakah kamu menyadari atau mengetahui dibalik kesuksesan google dan kebesaran namanya hingga saat ini, ada satu orang yang namanya kian meroket dan menjadi buah bibir di kancah internasional. Sosok tersebut merupakan pria kelahiran Chennai, India. Pria tersebut bernama Pichai Sundarajan atau lebih dikenal dengan nama “Sundar Pichai”.

Siapa yang menyangka? Saat ini Sundar Pichai menjabat sebagai CEO Google. Padahal dulunya, Ia hanyalah seorang bocah miskin di India. Yuk kita intip fakta-fakta yang mungkin belum kamu ketahui mengenai sosok CEO google tersebut.

Pada masa kecilnya, Sundar Pichai hidup jauh dari kemewahan dan hanya tinggal di apartemen 2 kamar bersama orang tua dan saudara laki-lakinya

Sundar Pichai Pria Miskin dari India Jadi Direktur Utama Google
Foto : iimg.in

Sebelum seperti sekarang, pada masa kecilnya Pichai dulunya harus hidup jauh dari kata mewah. Sundar Pichai hanya tinggal di apartemen 2 kamar bersama kedua orang tuanya dan saudara laki-lakinya.

Bayangkan saja Ia hidup tanpa kemewahan, keluarganya tidak memiliki kendaraan mobil, bahkan yang lebih memilukanya lagi apartemen yang Pichai dan keluarga tinggal tersebut tidak memiliki televisi. Jadi kamu bisa bayangkan bukan? Bagaimana kehidupan Pichai kala itu.

Pichai kecil dan keluarga menggandalkan transportasi umum (bus kumuh) dan vespa miliknya untuk berpergian dari satu tempat ke tempat lainnya

Sundar Pichai Pria Miskin dari India Jadi Direktur Utama Google
Foto : 1.bp.blogspot.com

Ketika ingin berpergian Sundar Pichai harus menumpang dan berdesak-desakan di bus kumuh , terkadang Ia dan keluarga juga bersempit-sempitan ketika berpergian menggunakan vespa yang dibeli setelah mereka menabung selama 3 tahun.

PILIHAN EDITOR

Pichai kecil merupakan sosok pemalu, tetapi suka berpendapatan tentang apapun

Sundar Pichai Pria Miskin dari India Jadi Direktur Utama Google
Foto : mensxp.com

Ketika Pichai masih kecil, Ia diketahui merupakan sosok pemalu, tetapi Ia juga sangat aktif menyampaikan pendapatnya mengenai apapun. Kabar tersebut disampaikan oleh Kumar Sakaralingam yang merupakan tetangga  Pichai saat kecil, “saat masih muda Sundar Pichai sudah terlihat merupakan sosok yang pemalu, tetapi Ia sangat aktif dalam mengutarakan pendapatnya,” ungkap Kumar.

Sang ayah dijadikan teladan bagi Pichai

Sundar Pichai Pria Miskin dari India Jadi Direktur Utama Google
Foto : iimg.in

Kala itu ayahnya masih bekerja di General Electric Company, Inggris. Ketika bekerja disana sang ayah berpenghasilan sangat kecil, penghasilannya hanya 500 ribu perbulan, tetapi cukup untuk membiayai keluarga dan Pichai kecil. Sejak itu Pichai telah menjadikan ayahnya sebagai contoh teladan yang baik dalam kehidupannya, Ia juga banyak mendapat pelajaran dari sang ayah yang rela banting tulang demi keluarganya.

Ketertarikan Sundar Pichai pada dunia teknologi sudah terlihat ketika Ia berumur 12 tahun

Sundar Pichai Pria Miskin dari India Jadi Direktur Utama Google
Foto : mid-day.com

Pada umur 12 tahun, Pichai sudah menunjukan ketertarikannya terhadap dunia teknologi, Ia juga mulai menunjukan kecerdasannya dengan mampu menghafal seluruh nomor telepon yang pernah dihubunginya. Kala itu, keluarga Pichai memasang telepon di rumah, dan telepon tersebut menjadi barang yang paling disukai Pichai kecil.

Dengan kejeniusannya dan sangat unggul di sekolah, Pichai mendapatkan beasiswa study ke Stanford University

Sundar Pichai Pria Miskin dari India Jadi Direktur Utama Google
Foto : oddmenot.com

Pichai sangat unggul di sekolah sehingga ia mendapatkan beasiswa studi ke Stanford University, Amerika. Namun, untuk tiket pesawat dari India ke Amerika, ia dan keluarganya harus merogoh kocek sendiri. Beruntung pada saat itu, ayahnya memiliki tabungan keluarganya senilai US$ 1000.

Dengan ditunjuknya Sundar Pichai sebagai CEO baru, maka ia merupakan orang India kedua yang memimpin perusahaan teknologi dunia 

Sundar Pichai Pria Miskin dari India Jadi Direktur Utama Google
Foto : businessinsider.com

Yapt, Pichai saat ini menjadi orang India kedua yang pernah memimpin perusahaan teknologi dunia setelah Satya Nadella yang menjadi CEO Microsoft sejak 4 Februari 2014. Dengan ditunjuknya Pichai menjadi CEO Google yang baru seakan-akan menjadi perbincangan hangat di dunia teknologi. Bagaimana tidak, pria yang dulu hidupnya sederhana kini menjadi orang pertama di perusahaan teknologi dunia. Keren bukan?

Karena potensi yang dimilikinya, Sundar Pichai pernah di dekati oleh Microsoft dan Twitter

Sundar Pichai Pria Miskin dari India Jadi Direktur Utama Google
Foto : livemint.com

Sebelum menjadi CEO di Google, Pichai pernah dilirik oleh Twitter. Namun, kesetiaan Sundar Pichai memang hanya untuk Google saja. Dengan tegas ia menolak tawaran dari Twitter. Di samping itu, Microsoft pun juga pernah menunjukkan perhatiannya pada Pichai. Ia pernah disebut-sebut sebagai orang yang memiliki potensial menggantikan CEO Microsoft, setelah Steve Ballmer mengumumkan pengunduran dirinya.

Itulah kisah nyata yang menginspirasi dari perjalanan karir sang CEO google Sundar Pichai hingga saat ini, seperti diketahui Sundar Pichai resmi menjadi CEO google pada Agustus 2015. Dibawah nahkodanya google mengalami peningkatan penjualan sebesar 22,5% dan mampu meningkatkan laba bersih google pada tahun 2016 hampir 20%.

Semua itu berkat hasil kerja keras sang CEO google dalam peningkatan beberapa bisnis youtube, iklan, dan beberapa pengembangan investasi mesin pembelajaran, komputer, dan juga hardware.