Halo, Takaiters!

Beberapa hari yang lalu, saya berkesempatan mengunjungi satu tempat wisata Jakarta bersama mahasiswa-mahasiswa asing. Mereka yang lebih kurang telah belajar selama enam bulan di Jakarta, perlu juga diberi kesempatan untuk mengenal budaya Betawi lebih dekat, agar ketika kembali ke negara mereka masing-masing bisa menjadi sebuah kenangan manis. Tempat yang kami tuju adalah Setu Babakan atau dikenal dengan sebutan Perkampungan Adat Betawi.

Mungkin belum banyak yang tahu tentang Setu Babakan, ya? Bisa jadi pernah mendengar, tetapi belum pernah mengunjunginya. Saat ini, pemerintah daerah Jakarta memang tengah melakukan pembangunan di area wisata budaya tersebut. Tempat yang kira-kira luasnya sekitar 280 hektar tersebut sayang jika tidak dimanfaatkan dengan baik.

Nah, agar kamu tidak penasaran, yuk, kita intip fasilitas dan kegiatan apa saja sih, yang ada di Setu Babakan!

Museum Betawi

Foto: twitter.com

Bangunan museum ini berdiri megah di depan pintu masuk.  Kamu akan melewati pintu masuk atau gapura, saya menyebutnya gerbang raksasa karena ukuran pintunya yang sangat besar untuk dilalui. Di dalam Museum Betawi terdapat benda-benda kuno Jakarta tempo dulu, seperti sepeda ontel, trombone, radio, lukisan, dan replika alat transportasi seperti delman, bemo, dan oplet. Benda-benda ini tertata apik dan dilengkapi dengan keterangan.

Danau

Foto: beritafotojakarta.wordpress.com

Ketika berjalan menuju danau, kamu dapat melihat rumah-rumah adat Betawi yang khas pada teras  dan bentuk ukiran pagarnya.  Di sekeliling danau ditumbuhi bermacam-macam jenis pepohonan.

Area Kuliner

Foto: kumparan.com

Di dekat danau juga berjajar pedagang kaki lima yang menjajakan aneka makanan khas Betawi. Para pengunjung bisa menikmati aneka makanan, sambil duduk lesehan di tempat yang sudah disediakan, yang letaknya di pinggir danau.

Area Mencanting

Foto: bola.kompas.com

Area ini letaknya agak jauh. Kamu harus melewati jalan sepanjang danau untuk mencapai ke area mencanting ini.  Ketika masuk ke pendopo kamu akan melihat peralatan untuk membatik yang telah di sana. Kamu pun bisa langsung mempraktikkan cara membatik  dengan menggunakan canting.

Membuat Boneka Ondel-ondel

Foto: tirto.id

Kamu bisa membuat boneka ondel-ondel mungil di salah satu rumah Betawi yang khas terbuat dari kayu. Bahan-bahan untuk mmebuat boneka sudah disediakan. Dengan dipandu beberapa Abang (kakak laki-laki), kamu bisa mengikuti langkah-langkah membuat boneka sampai selesai. Boneka tersebut bisa kamu bawa pulang, Guys.

Memasak Kerak Telor

Foto: Bolasport.com

Nah, yang terakhir ini terasa paling heboh. Memasak kerak telor diajarkan oleh Babe. Babe sebutan bapak untuk ornag Betawi.  Bahan-bahan dan peralatan memasak juga sudah tersedia. Babe mengajarkan cara memasak dengan menggunakan anglo atau kompor tradisonal yang memakai arang sebagai bahan bakarnya. Tiap kami bisa mencoba dan menikmati langsung hasil masakannya.

Bagaimana, Takaiters? Tertarik pergi ke sana? Tentunya sangat mengasyikkan. Harapan para pengelolanya, tempat wisata ini bisa menjadi basis budaya Betawi agar lebih dikenal lebih luas lagi.