Liga champions akan segera berakhir dengan menyisakan dua klub raksasa persepakbolaan dunia, yaitu Real madrid dan Juventus. Siapa yang tak kenal dua klub raksasa terbaik dunia ini? Real Madrid yang merupakan klub terbaik dari Liga Spanyol dan Juventus yang merajai Liga Italia Seri A. Dua-duanya memiliki fans yang sama, tapi siapakah yang pantas menjadi juara di final Liga Champions yang akan digelar pada hari minggu 4/6 dini hari di Stadion National Cardif.

Yang menarik dari pertemuan dua klub besar di final Liga Champions ini, adalah bertemunya dua pelatih yang pernah bersitegang dua puluh tahun silam di stadion Renato Curi, markas klub Perugia kala itu. Yup! pelatih Real Madrid yang merupakan seorang mantan pemain sepakbola legendaris Zenedine Yazid Zidane, akan kembali bertatap muka dengan pelatih Juventus yaitu Massimiliano Allegri yang notabene mereka berdua adalah musuh lama.

PILIHAN EDITOR

Setelah hampir dua puluh tahun tidak pernah bertemu di lapangan hijau, sejak insiden di stadion Renato Curi markasnya Perugia, dimana Zidane saat itu masih berstatus sebagai pemain Tim Juventus dan Allegri sebagai gelandang dari tim Perugia. Pada pertandingan memasuki menit ke 75, merasa terus dihalangi langkahnya oleh Allegri, Zidane muda yang masih memiliki emosi yang meletup-letup itu dengan sengaja menekel kaki dari Allegri.

Tak terima dilakukan seperti itu, Allegri memaki zidane dan Zidane pun balas mengumpat. Terjadi aksi saling dorong sebelum keduanya dilerai teman-temannya. Zidane dikasih ganjaran kartu kuning dan disusul kartu merah karena sebelumnya sudah mendapat kartu kuning. Kejadian itu membuat Zidane diusir keluar oleh wasit. Insiden itu menjadi headline di media masa kala itu mengalahkan berita kemenangan tim Juventus dari Perugia.

Karier zidane sebagai bintang terus bersinar bersama klub-klub atas di berbagai liga dan juga membela negaranya, Perancis di Piala Dunia dan Piala Eropa. Sedangkan Massimiliano Allegri tidak seberuntung Zidane, dia masih terus berkutat di divisi bawah. Hingga kemudian Allegri muncul sebagai pelatih klub AC Milan pada tahun 2010 dan langsung membawa AC Milan mendapatkan scudeto serie A. Tahun 2014 sampai sekarang Allegri menukangi Juventus dan meneruskan jejak emas Antonio Conte membawa bianconeri mendominasi serie A.

Meskipun zidane dianggap masih seumur jagung melatih Real Madrid, namun prestasinya tak diragukan lagi. Terbukti dengan keberhasilannya membawa tim Real Madrid menjadi juara Liga Champions tahun 2015-16 dan La Liga 2016-17.

Akhir pekan ini mereka berdua akan dipertemukan dalam kapasitas sebagai pelatih yang sedang bersinar menangani dua klub raksasa dunia. Zidane yang sedang mendapat evaluasi dari presiden Real Madrid harus mampu membuktikan kehebatan timnya melawan Juventus. Dan Massimiliano tentu saja tidak akan membiarkan senyuman Zidane kembali mengembang di stadio cardif. Siapakah yang lebih hebat dari dua musuh lama ini? Mari kita saksikan pertandingannya hari minggu dini hari.