Maglev, adalah nama kereta api tercepat di dunia saat ini. Kereta ini yang menghubungkan Bandara Internasional Pudong menuju kearah kota Shanghai melalui jalur kereta bawah tanah. Kereta yang dijuluki sebagai kereta tercepat di dunia ini memiliki kecepatan sepertiga lebih cepat dari kecepatan suara yaitu sekitar 430 kilometer per jam.

Stasiun kereta terletak di tengah Bandara Internasional Pudong. Yang unik dari kereta ini adalah jalur yang digunakannya. Kereta ini menggunakan jalur levitasi magnetis, yang artinya kereta ini tidak bergerak dengan menggunakan roda melainkan bergerak dengan melayang di atas medan magnet yang muncul di antara rel dan kereta api (mengambang di udara).

ketera api tercepat di dunia
Maglev (Foto : asiaone.com)

Sistem kerja levitasi magnetis ini adalah untuk menghilangkan hambatan dari gesekan rel. Secara logika kereta ini berjalan dengan cara sangat sederhana, Namun penerapan fungsi magnet disini sangat dimanfaatkan dimana kutub positif dan negatif saling menarik, sementara positif-positif atau negatif-negatif akan saling mendorong satu sama lain.

Pilihan Editor

ketera api tercepat di dunia
Maglev (China Photos/Getty Images)

Kereta api ini mulai beroperasi pada tahun 2004 yang mengadopsi teknologi dari Jerman. Dan jalur kereta api levitasi magnetis di Shanghai ini merupakan satu-satunya jalur kereta magnetis komersial di dunia.

Untuk naik kereta ini, kamu cukup membayar tiket seharga 80 yuan, kira-kira lebih murah daripada harga tiket masuk kedalam Disneyland Shanghai. Disana ada dua kelas yaitu ada kelas eksekutif dan kelas ekonomi. Bagaimana? tertarik untuk naik kereta api tercepat di dunia? 😀