Jika kita membicarakan mengenai perkembangan teknologi saat ini, nampaknya tidak akan ada habis-habisnya untuk membicarakan kecanggihan teknologi yang terus bermunculan akhir-akhir ini, kenapa? Kamu bisa coba lihat kurang lebih dalam kurun waktu 3 bulan sekali khususnya untuk perangkat keras atau hardware selalu mengalami perkembangan dan perubahan terus menerus dari segi desain serta fungsi dari perangkat tersebut.

Jika kamu amati, jenis hardware apa saja yang paling sering mengalami perubahan dan perkembangan? Mungkin semua akan menjawab smartphone yang saat ini kamu pakai. Seiring dengan perkembangan zaman penggunaan smartphones akhir-akhir ini selalu mengalami peningkatan.

Baru-baru ini sekelompok mahasiswa dari Universitas Airlangga, Surabaya menciptakan sebuah inovasi charger terbaru yaitu charger smartphone dari suhu tubuh manusia. Masa iya sih? Penggagas dan pencipta charger dari suhu tubuh manusia tersebut adalah Raja Buggati, Syahrul Mundir, Vinda Aprilia, Lendy Pradhana, Luqyana Salsabila. Kelima orang tersebut merupakan mahasiswa dan mahasiswi aktif di Universitas Airlangga, Surabaya.

Berikut ini merupakan cerita yang melatar belakangi kelima mahasiswa UNAIR tersebut menciptakan charger smartphone yang berasal dari suhu tubuh.

Charger smartphone dari suhu tubuh manusia tersebut, terinpirasi dari kalor yang berada di tubuh manusia

Mahasiswa Ciptakan Charger Smartphone dari Suhu Tubuh
Foto : adgetflowcdn.com

Menurut ketua tim pembuatan charger tersebut, Raja Buggati mengatakan kalor yang berasal dari tubuh manusia dapat menghasilkan panas, dan panasnya tersebut dapat dimanfaatkan sebagai sumber daya pengisian baterai di smartphone. Jadi pada dasarnya, tubuh manusia itu memiliki ion yang menghantarkan listrik dan juga menghasilkan panas.

PILIHAN EDITOR

Mengurangi pemanasan global yang ditimbulkan oleh penggunaan tenaga listrik

Mahasiswa Ciptakan Charger Smartphone dari Suhu Tubuh
Foto : unair

Selain sebagai pengganti powerbank bertenaga listrik, charger dari suhu tubuh manusia ini sedikit banyaknya akan juga berkontribusi dalam mengurangi penggunaan tenaga listrik yang dapat berakibat meningkatnya pemanasan global di dunia.

Inovasi charger dari panas tubuh manusia ini memiliki nama charge the world

Mahasiswa Ciptakan Charger Smartphone dari Suhu Tubuh
Foto : peneliti.id

Produk yang diciptakan oleh mahasiswa Universitas Airlangga ini memiliki keunggulan, dimana dapat digunakan di seluruh dunia dengan hanya mengandalkan kalor dari panas tubuh manusia, jadi charger dari suhu tubuh manusia tersebut dapat digunakan walaupun tidak ada energi listrik sekalipun.

Apresiasi sebesar-sebesarnya wajib diberikan kepada kelima mahasiswa UNAIR tersebut, dan tentunya mereka semua sangat berharap bantuan dana dari pemerintah untuk terus-menerus dapat mengembangkan produknya menjadi lebih baik lagi.