“Tidak ada cara instan untuk menggapai keberhasilan. Setiap langkah besar dalam keberhasilan ditentukan dari sebuah langkah sederhana.”

Quotes indah ini bukanlah isapan jempol belaka. Seorang putra bangsa telah membuktikan bahwa berkat Tuhan dan kerja keras adalah duo dinamit yang ampuh untuk mencapai keberhasilan. Bahkan beliau merengkuh kesukesan dari titik nol. Pribadi luar biasa ini bernama Basrizal Koto.

Basrizal Koto adalah putra asli Minang yang layak menjadi salah satu panutan generasi muda Indonesia. Ia menjadi seorang pengusaha yang berhasil di perantauan. Tidak tanggung-tanggung, Basrizal Koto meraih gelar bergengsi sebagai pemilik peternakan terbesar di Asia Tenggara.

Bahkan kesuksesan Basrizal tidak berhenti sampai di situ saja. Pria kelahiran Pariaman, 11 Oktober 1959 ini merajai berbagai sektor usaha penting di Sumatera Barat dan Riau. Mulai dari pabrik pengalengan daging, tambang batu bara, TV kabel, hingga hotel berbintang dan sejumlah media massa terbesar di seluruh Sumatera. Warga Sumatera manakah yang tidak mengenal Premier Hotel Padang, ataupun Harian Haluan Kepri, Harian Haluan Riau, serta Radio Mandiri FM di Pekan baru.

Dengan segudang prestasi yang mentereng, tidak ada salahnya kita mempelajari rahasia kesuksesan ala Basrizal Koto. Inilah 3 resep jitu keberhasilannya :

Menerapkan 3K (Kemampuan, Kesempatan, dan Komitmen tinggi)

Terlahir sebagai anak dari buruh tani, Basrizal Koto telah ditempa oleh kerasnya kehidupan. Ia hanya dapat makan sehari sekali, sehingga Basrizal memutuskan untuk merantau ke Riau demi mengubah nasib. Di tempat perantauan, ia mulai menerapkan ajaran 3K dari sang ibu.

PILIHAN EDITOR

Adapun ajaran 3 K yang dimaksud adalah kemampuan untuk mengenal sebanyak mungkin orang dengan cara yang luwes, memanfaatkan kesempatan dan peluang yang ada, serta menerapkan komitmen tinggi dalam bekerja. Berkat melakukan prinsip 3K tersebut secara kontinyu, beliau memetik hasil yang manis.

Memiliki impian jangka pendek yang jelas

Impian jangka pendek menjadi pelecut semangat untuk mulai merancang impian jangka panjang yang lebih indah dan bermakna. Basrizal giat bekerja siang malam selama 2 tahun. Kala itu ia mengawali karir sebagai kernet oplet dan penjual pete. Mimpi jangka pendek pertamanya adalah dapat menyewa kontrakan sendiri, dengan tujuan untuk menampung keluarganya.

Kerja keras ala Basrizal masih berlanjut saat pindah ke Padang. Beliau menjadi penjahit, sopir, pemborong bangunan, hingga makelar motor dan mobil. Lambat laun, kesukesan mulai diraih berkat usaha tiada henti.

Mengutamakan keluarga dimanapun ia berada

Basrizal percaya bahwa kesuksesan sejati ditopang oleh kesehatian dalam keluarga. Bahkan ia berkata bahwa keluarga adalah kunci tercepat dalam menggapai impian kita. Dengan keluarga, kita mampu berbagi kesuksesan dengan luar biasa.

Ketiga rahasia ini sungguh menginspirasi ya, guys. Dunia boleh mengajarkan banyak pelajaran ups and downs dalam kehidupan kita. Belajarlah untuk menerima semuanya dengan hati bersyukur, karena masa depan sungguh ada dan harapan kita tidak akan menjadi sia-sia.