Hai, Takaiters!

Adakah diantara kamu yang sudah pernah mengunjungi Masjid Nabawi? Kamu pasti tahu, kan, bahwa Masjid Nabawi biasanya dikunjungi oleh jamaah umroh dan haji sebagai bagian dari rangkaian ibadah yang harus dilakukan saat berkunjung ke tanah suci.

Masjid Nabawi terletak di Madinah, sebuah kota yang tenang, nyaman, dan dikelilingi oleh banyak bukit dan gunung-gunung. Madinah Al Munawwaroh yang artinya “Kota yang Bercahaya” ini merupakan tempat hijrah Nabi Muhammad pada tahun 622 M, yang berjarak sekitar 340 km dari kota suci umat muslim dunia, Mekkah.

Masjid Nabawi ini merupakan masjid kedua yang dibangun Rasulullah Saw setelah masjid Quba, dalam masa hijrah beliau dari Mekkah ke kota Madinah. Ada beberapa keistimewaan dan fakta penting dari Masjid Nabawi yang perlu kamu ketahui, disamping keistimewaannya sebagai tempat suci kedua setelah Masjidil Haram.

Apa saja fakta penting tersebut? Berikut 5 diantaranya.

Memiliki atap berbentuk bunga di pelataran masjidnya yang bisa dibuka dan ditutup

Fakta Masjid Nabawi
Foto: voa-islam.com

Salah satu ciri khas Masjid Nabawi adalah adanya atap berbentuk bunga di pelataran masjidnya yang bisa dibuka dan ditutup. Setelah sholat ashar, atap-atap berbentuk bunga ini akan menutup. Jadi saat kamu melaksanakan ibadah sholat maghrib dan isya di pelataran masjidnya kamu akan sholat beratapkan langit luas. Masya Allah, rasanya sesuatuuuu banget….

Sebaliknya, setelah selesai sholat subuh, atap-atap yang tadinya terbuka akan mulai menutup kembali secara perlahan-lahan hingga sore menjelang. Jika kamu berkesempatan membawa smartphone, tak ada salahnya mendokumentasikan peristiwa ini. Speechless deh pokoknya…

Terletak di pusat kota Madinah

Fakta Masjid Nabawi
Foto: okezone.com

Masjid Nabawi terletak di pusat kota Madinah, diantara pasar, hotel dan pusat-pusat perbelanjaan. Setelah beribadah di masjid kamu bisa langsung mampir berbelanja kebutuhan atau oleh-oleh untuk kerabat di tanah air. Asal kamu tahu ya, Guys, harga oleh-oleh di Madinah ini paling murah lho dibandingkan harga barang di kota lainnya.

Oya, meskipun terletak di pusat kota jangan beranggapan suasananya kacau balau ya. Sama sekali tidak. Madinah adalah kota yang cukup teratur. Jadi meskipun banyak jamaah dari seluruh dunia ada disini suasananya cukup nyaman kok.

Kediaman Nabi Muhammad ada disini

Fakta Masjid Nabawi
Foto: Tribunnews.com

Dahulu kala saat baru tiba di Madinah, unta tunggangan Rasulullah Saw menghentikan langkahnya di sebuah lokasi tempat menjemur kurma milik Sahl dan Suhail bin ‘Amr, dua orang anak yatim yang bersaudara. Rasulullah kemudian membeli tanah itu untuk dibangun masjid dan kediaman bagi beliau.

Masjid Nabawi dibangun sendiri oleh tangan Rasulullah bersama para sahabat dan kaum muslimin. Awalnya hanya berukuran 50 m x 50 m, dengan tinggi atap sekitar 3, 5 m. Rasulullah kemudian membangun kediaman sederhana untuk beliau bergandengan dengan salah satu sisi dari Masjid Nabawi. Saat ini seiring dengan perluasan area masjid, rumah tempat kediaman beliau terdapat di dalam wilayah masjid ini.

Terdapat makam Nabi Muhammad dan dua sahabatnya, Abu Bakar Ash Shiddiq dan Umar bin Khattab

Fakta Masjid Nabawi
Foto: jumrahonline.blogspot.com

Rasulullah Saw meninggal di kediamannya pada tahun 632 M dan dimakamkan di tempat beliau wafat, di kamar istri beliau, ummul mukminin Aisyah, r.a. Lokasi makam dan tempat wafat beliau ini ditandai dengan kubah besar berwarna hijau di sisi tenggara (kiri depan) Masjid Nabawi.

Setelah beliau wafat, berturut-turut dimakamkan pula sahabat beliau Abu Bakar Ash Shiddiq dan Umar bin Khattab di lokasi yang sama.

Di dalam Masjid Nabawi terdapat Raudhah (Taman Surga)

Fakta Masjid Nabawi
Foto: mstar.com.my

Diantara makam Rasulullah dengan bekas mimbar beliau terdapat suatu area yang disebut Raudhah (Taman Surga). Area ini ditandai dengan karpet berwarna hijau di dalam masjid.

Raudhah adalah tempat yang diyakini sangat mustajab untuk berdoa. Untuk masuk ke dalam Raudhah ini perlu perjuangan dan strategi tersendiri karena harus berdesak-desakan dengan jamaah lain yang memang dibatasi jumlahnya untuk diijinkan masuk. Biasanya pembimbing umroh atau leader grup dari para jamaah memiliki cara masing-masing untuk membawa jamaahnya agar berhasil sholat dan berdoa di atas karpet hijau ini.

Kalau kamu berkesempatan kesini jangan sia-siakan masuk ke Raudhah, ya, Guys, karena Rasulullah pernah bersabda, dari Abu Hurairah:

“Tempat yang terletak di antara rumahku dengan mimbarku merupakan suatu taman di antara taman-taman surga, sedang mimbarku itu terletak di atas kolamku…” (HR. Bukhari).

Nah, itu dia Guys, fakta penting yang harus kamu ketahui sebagai seorang muslim tentang Masjid Nabawi di Madinah. Rasulullah pernah berkata, bahwa sholat di Masjid Nabawi memiliki pahala 1000x lipat dibandingkan sholat di masjid lainnya, kecuali Masjidil Haram. Dan sholat di Masjidil Haram memiliki keutamaan 100.000x lipat dibanding sholat di masjid lainnya.

Tunggu apa lagi? Kalau kamu punya rezeki, jangan tunda lagi untuk segera berkunjung ke rumah Allah dan Rasulnya, ya. Insya Allah Dia akan ganti seluruh biaya yang kamu keluarkan dalam bentuk rezeki yang lebih berlimpah dan barakah. Aamiin.