Hal pertama yang terbersit dalam benak kita mendengar kata durian pasti nikmat, legit, dan lezat. Nggak salah lagi. Durian adalah salah satu buah yang menjadi favorit banyak orang. Tapi, nggak sedikit juga loh masyarakat yang berpikir dua kali untuk menyantapnya. Hal ini karena kandungan alkohol, gas dan juga gulanya yang cukup tinggi, bisa menimbulkan efek yang kurang baik untuk kesehatan.

Kabar baiknya, sekarang ada durian yang lebih friendly loh, Takaiters! Namanya durian Kencono Rukmi. Buah yang mendapat cap resmi dari pemerintan RI sebagai buah asli Gunung Kidul ini berwarna orens terang seperti kuning telur mentah. Kencono Rukmi memiliki beberapa kelebihan dibandingkan durian dari tempat lain. Wih, penasaran nggak sih? Berikut beberapa kelebihannya ya.


1. Kandungan alkoholnya relatif sedikit

Durian Kencono Rukmi
Foto : tstatic.net

Durian Kencono Rukmi diklaim memiliki kandungan alkohol dan gas yang jauh lebih kecil daripada durian jenis lain. Karena itu, relatif aman untuk lambung dan nggak bikin kembung atau perih.

Pilihan Editor

2. Daging buahnya crunchy

Durian Kencono Rukmi
Foto : twimg.com

Kalau selama ini kita terbiasa dengan daging durian yang lembek, Kencono Rukmi berbeda. Dagingnya relatif lebih tebal dan crunchy alias kriuk-kriuk saat digigit. Ini juga karena kandungan airnya yang nggak terlalu banyak, seperti durian pada umumnya.

3. Kadar gula tidak terlalu tinggi

Durian Kencono Rukmi
Foto : 1.bp.blogspot.com

Umumnya, durian memang memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Hal ini tentu saja nggak baik untuk kesehatan, apalagi kalau dimakan dalam jumlah banyak ya, Guys. Namun, hal ini nggak berlaku untuk durian Kencono Rukmi karena rasanya yang relatif nggak terlalu manis, sehingga aman dikonsumsi bahkan oleh para penderita diabet.

4. Aromanya tidak menyengat

Durian Kencono Rukmi
Foto : tempo.co

Beberapa orang mungkin nggak tahan dengan bau menyengat dari durian. Nah, durian Kencono Rukmi ini memiliki aroma yang lebih soft sehingga nggak bikin perut mual.


Sayangnya, durian keren ini nggak berbuah sebanyak jenis durian lainnya. Jadi, untuk menikmati kelezatannya, kita harus sabar menunggu stoknya datang. Harganya pun relatif lebih mahal, karena kelebihannya tadi. Tapi hal ini nggak menyurutkan minat beli konsumen kok. Nyatanya, buah eksotis ini masih diburu oleh pembeli. Bahkan ada yang dihargai hingga ratusan ribu rupiah per bijinya loh!

Gimana, Takaiters juga mau coba?