Masa-masa di kos-kosan adalah masa-masa hidup yang mengajarkan kita untuk hidup mandiri dan selalu dituntut untuk bisa melakukan semua hal. 

Hidup di kos-kosan ternyata bukan perkara mudah ya, Guys. Jauh dari keluarga dan harus mandiri, mulai dari belajar mengatur keuangan, bercanda bareng sama teman sekamar atau tetangga kosnya, sampai uang bulanan yang abis belum waktunya dan tentunya belajar mandi sendiri.

Hidup di kosan pastinya bikin kamu kangen sama masakan ibu dan kasur empuk serta suasana rame di rumah. Tapi saat kamu sudah gak ngekos lagi, pastinya rasa kangen itu akan terbalik. Mau tahu apa aja yang akan dikangenin kalau kamu meninggalkan rumah kosan? Mari kita cek!

Antre saat mandi, inilah yang sangat membuat rindu ketika satu kamar mandi dipakai untuk bersama

kenangan yang bikin rindu di masa kosan
Antre saat mandi (Foto : anakkos.com)

Kosan itu ngga beda jauh sama asrama,  karena pas sama kantong mahasiswa jadi pilih kosan yang kamarnya banyak tapi kamar mandinya barengan. Alhasil harus bangun lebih pagi biar bisa pakai kamar mandi duluan, karena kalau telat sedikit saja pasti sudah banyak yang antre. Kamu gak akan alami ini kalau kamu ngekos di kamar yang ada kamar mandinya di dalam kamar. Ahh, tapi gak seru kalau sendirian gitu 😀

Pilihan Editor

Masak dan makan bareng yang selau bikin rindu

kenangan yang bikin rindu di masa kosan
Masak dan makan bareng di kosan (Foto : liputan6.com)

Selain kamar mandi yang barengan, pastinya dapur juga barengan. Apalagi pas sama-sama libur dan tidak ada jadwal kuliah atau kerja, paling asik masak bersama, bisa sambil belajar memasak dan patungan beli bahan makanan. Pastinya akan menghemat kantung kita.

Selesai masak bareng ya pasti dimakan bareng-bareng. Makan hasil masakan bersama akan jadi hal seru yang bisa kamu kangenin. Apalagi ditambah bahas tugas kuliah atau gosip teranyar yang ada di kampus, waktu gak akan terasa berlalunya.

Jalan-jalan bareng pas libur, merupakan rutinitas untuk menghabiskan waktu luang

kenangan yang bikin rindu di masa kosan
Jalan bareng sama teman kosan (Foto : milymoysandherworld.blogspot.co.id)

Hangout buat anak kampus gak cuma pas libur aja sih, pulang ngampus atau pas lagi gak ada tugas, pastinya jadi salah satu agenda wajib buat kamu hangout. Keliling mall, nonton bioskop atau cuma nongkrong di cafe bisa jadi rutinitas untuk menghabiskan waktu luang. Saat liburan, buat yang gak pulang ke rumah orang tua, biasanya mengadakan acara jalan-jalan ke destinasi lain yang lebih cihuy dan akan menjadi kenangan yang tak terlupakan.

Sekamar dengan teman kampus, dibilang asik iya, kadang ada juga nyebalin

kenangan yang bikin rindu di masa kosan
Sekamar dengan teman kampus (Foto : okezone.com)

Paling asik sekamar sama teman yang satu kampus apalagi satu kelas, bisa tentuin jadwal bareng dan berangkat bareng. Apalagi kalau temannya gak cuma satu, tapi banyak, dan kalian bikin gank biar bisa sama-sama terus, itu sih asiknya. Kalau nyebalinnya kadang untuk urusan merapikan kamar kos kita yang ngatur, ya mungkin ngga semuanya, tapi sebagian dari teman sekamar ada yang seperti itu.

Nonton film bareng dikamar, bioskop ala anak kosan

kenangan yang bikin rindu di masa kosan
Nonton bareng di kosan yang bikin ngangenin (Foto : 1.bp.blogspot.com)

Dulu masih nyari dvd bajakan buat ditonton di laptop, tapi sekarang sudah bisa download langsung. Seru banget kalau nonton bareng di laptop, kamar dibuat gelap dan sediakan cemilan. Alhasil brasa nonton di bioskop ala kosan.

Kalau filmnya drama korea, pasti kelihatan siapa teman yang akan cengeng sepanjang film berlangsung, episode panjang pastinya di tonton setiap hari bahkan sampai larut malam. 😀

Punya teman sekamar yang bisa diandalkan, saling menjaga dan merawat ketika sakit

kenangan yang bikin rindu di masa kosan
Teman sekamar yang bisa diandalkan

Hidup di kosan siapa lagi yang bisa diandalkan pas kita sakit? ya pastinya teman sekamar. Kita sakit, teman yang akan carikan makanan sesuai selera dan membelikan obat ke apotek, bahkan rela ijin gak ngampus juga untuk nemenin kita di kosan.

Terkadang menjadi hal yang lucu ketika memiliki teman beda daerah

kenangan yang bikin rindu di masa kosan
Memiliki teman beda daerah (Foto : ilman-gallery.blogspot.com)

Di kosan kita pasti akan menemukan teman dari berbagai daerah, mereka punya logat atau dialeg masing-masing yang kadang terdengar lucu di telinga kita. Kita suka godain teman yang lucu saat menyebut satu kata, atau kita jadi belajar bahasa mereka. Seru dan ngangenin kan?

Nah, sudah baper belum baca artikel di atas? Itulah deretan alasan yang bisa kamu kangenin masa-masa di kosan yang masih teringat di benak kepala, yang terkadang kalo dipikir-pikir ingin kembali ke masa-masa itu lagi.