Heiyo, Takaiters!

Buat kamu yang doyan banget berfoto selfie ria, tentu sudah melakukan banyak sekali eksperimen untuk mendapatkan hasil selfie yang kekinian. Beragam tren selfie, alias aktivitas memotret diri sendiri itu sudah mengalami beberapa periode tren yang populer. Seperti yang diketahui, selfie atau swafoto sendiri sudah “digerayangi” oleh banyak sekali macam mimik gaya; mulai dari gaya duckface, sampai berswafoto di depan cermin. Dan, semua—dengan tongkat narsis (tongsis) atau tanpa tongsis—yang bermunculan, tren itu terus bergerak dinamis, berganti dan digantikan dengan tren-tren swafoto yang lain.

Nah, bagaimana kalau para pecinta selfie mulai berpikir untuk melakukan selfie di luar angkasa? Kedengarannya cukup mustahil, ya, Guys, buat direalisasi. Tapi, nih, NASA baru-baru ini merilis sebuah aplikasi yang memungkinkan kita mengambil foto narsis berlatar belakang luar angkasa, lho!

Badan Antariksa milik Amerika Serikat tersebut mengumumkan aplikasinya ini pada Rabu (22/8/2018) kemarin. Peluncuran itu sendiri bertepatan dengan hari ulang tahun Spitzer Space, salah satu nama teleskop luar angkasa mereka yang ke-15. Dengan aplikasi ini, apakah istilah “selfie” yang mulai bergaung pada 2005 itu bisa mengubah kemustahilan tadi? Hmm ….

Aplikasi Itu Bernama …

NASA Selfies

Diluncurkan dengan nama “NASA Selfies”, aplikasi ini menawarkan opsi bagi penggunanya untuk mengambil foto selfie di luar antariksa. Saat ini, terdapat 30 lokasi menarik yang tersedia untuk dipilih sebagai latar belakang foto. Nantinya, pengguna akan berswafoto dalam setelan khas para astronot yang seolah-olah berada di lokasi kosmik, sesuai dengan yang tersedia dalam sistem aplikasi NASA Selfies.

NASA mengatakan bahwa mereka akan menambah koleksi lokasi latar belakang aplikasi tersebut di masa mendatang. NASA Selfies sendiri tersedia untuk platform Android dan iOS. Aplikasi ini sudah bisa diunduh melalui masing-masing toko aplikasi dari kedua platform tersebut, yaitu Google Play Store dan Apple App Store.

Dihasilkan secara Virtual

NASA Selfie
Foto: Space.com

Lewat aplikasi tersebut, foto selfie di luar angkasa dibuat dengan sentuhan virtual. Jadi, pengguna tidak perlu repot-repot untuk menjadi seorang astronot sungguhan demi berswafoto langsung di luar angkasa. Aplikasi ini diklaim memiliki antarmuka sederhana agar memudahkan penggunaan. Pengguna hanya perlu mengambil foto selfie di mana saja, kemudian memilih latar belakang yang tersedia di NASA Selfies.

“NASA Selfies memungkinkan penggunan untuk menghasilkan foto dalam pakaian antariksa secara virtual, berpose di depan lokasi kosmik yang indah di luar angkasa,” tulis NASA, Dalam siaran persnya yang dirilis Valuework, Jumat (24/8/2018).“Antarmuka yang sederhana berarti Anda hanya mengambil foto diri Anda, memilih latar belakang Anda, dan berbagi di media sosial.”

Selain itu, hasil selfie dari aplikasi tersebut dapat dibagikan ke akun media sosial juga lho, Takaiters. Perlu diketahui juga, nih, 30 lokasi yang disediakan untuk kita pilih itu tadi, diambil dari teleskop Spitzer Space sendiri. Tidak heran, dari semua koleksi gambar latar belakang tersebut, pengguna bakal menjumpai penampakan luar angkasa, termasuk galaksi Andromeda, Nebula Orion, galaksi Bima Sakti ataupun tempat-tempat lainnya.