Banyak yang mengira kalau beberapa kebiasaan Rossi sebelum memulai race MotoGP adalah ritual wajibnya. Namun, sebenarnya semua kebiasaan itu masuk akal dan bisa dijelaskan secara rasional. Bukan ritual, tapi cara untuk membuat performa balapnya menjadi lebih baik.

Memantau Starting Grid Moto3

Rossi mengamati balapan Moto3 memang untuk mendukung para anak didiknya di tim VR46. Namun lebih jauh dari itu, kehadiran Rossi di pitwall untuk menganalisis waktu start terbaik untuk balapannya sendiri. Berapa persekian detik waktu transisi dari lampu merah ke lampu hijau. Tidak ada ritual, The Doctor hanya ingin mempertajam instingnya dengan merasakan langsung aroma starting grid dari dekat.

PILIHAN EDITOR

Membungkuk Sambil Memegang Sepatu Boots

Hasil gambar untuk rossi membungkuk

Tentu ini berlebihan jika disebut sebagai ritual. Rossi membungkuk untuk melemaskan bajunya yang terasa kaku. Itu karena postur jangkung Rossi yang membuat wearpack jadi tak nyaman. Selain itu Rossi sekaligus melakukan peregangan dengan menyetuh sepatu boots-nya.

Berjongkok dan Berdoa di depan Motor

Hasil gambar untuk rossi jongkok

Valentino adalah seorang yang cukup religius, bahkan gereja di kampungnya sangat respek terhadap Vale saat dia berlomba. Maka itu apa yang dilakukan Rossi bukanlah ritual, tapi doa seperti umat katolik lainnya. Motor di depannya menjadi simbolik saja, pengabulan doa melalui motor yang bisa finish di akhir lomba.

Membenahi Wearpack Bagian Bawah

Hasil gambar untuk rossi jongkok

Sepertinya bukan hanya Rossi saja, orang biasa pun kadang tidak nyaman dengan pakaiannya saat berkendara. Apalagi pakaian balap Rossi yang ketat. Rossi akan coba membenahi wearpack di bagian pantatnya sebelum naik motor dan sewaktu pemanasan.