takjil khas minang
Cerita Ramadhan

Kangen Ranah Minang? 5 Menu Takjil Khas Minang Ini Pasti Bikin Kamu Homesick Deh

Halo Takaiters!

Gimana nih, puasanya? Masih lancar dong? Ngomong-ngomong bagi kamu yang berstatus anak rantau, berpuasa jauh dari kampung halaman tentunya memberi kesan tersendiri ya. Kalau dulu, buka puasa bersama orang tua dan keluarga di kampung, rasanya biasa-biasa aka, hal ini pasti akan sangat berbeda saat berada di perantauan. Apalagi kalau bukan masalah menu buka dan sahur.

Sebagai salah satu menu wajib berbuka, takjil memiliki tempat spesial di hati umat Muslim. Setelah berpuasa seharian penuh, takjil akan melengkapi kebahagiaan saat berbuka puasa. Nah, buat kamu-kamu yang asli Minang, 5 menu takjil andalan berikut ini pasti akan bikin kalian homesick berat deh. Nggak percaya? Simak aja sendiri yuk!

1. Lamang tapai

takjil khas minang

Foto : IST/KampoengMinang

Takjil yang satu ini sangat nikmat disantap saat masih hangat. Cara memasaknya pun cukup unik ya, Guys, yaitu dengan memasukkan ketan putih yang telah diberi bumbu ke dalam ruas bambu muda yang telah dilapisi daun pisang. Jangan lupa untuk memasukkan santan ke dalamnya. Setelah itu, ruas bambu dibakar sampai ketannya matang. Habis itu, siap disajikan hangat-hangat dengan pelengkap tapai hitam yang nikmat. Sluurpp..

Pilihan Editor

2. Lapek Sagan

takjil khas minang

Foto : tehmatahari.wordpress.com

Makanan yang sering dijajakan di bulan Ramadhan ini, terbuat dari pisang kepok, beras ketan dan kelapa muda. Untuk takjil yang satu ini, bikinnya nggak susah kok, Guys. Kalau kamu bener-bener pengen banget menyantapnya, bisa kok bikin sendiri di kosan. Caranya, semua bahan dicampur dan kemudian dibungkus dengan daun pisang. Selanjutnya kukus hingga matang dan harum. Nggak mau repot? Order aja! Hehe..

3. Katupek Pical

takjil khas minang

Foto : minangtourism.com

Dalam bahasa Indonesia, katupek pical bisa diartikan sebagai ketupat pecel. Yak! Makanan yang satu ini hampir mirip dengan pecel Madiun yang nggak kalah nikmat itu. Hanya saja, ada sedikit perbedaan dalam bahan yang dipakai. Katupek pical menggunakan sayur, ketupat, dan mi kuning yang diguyur dengan kuah kacang yang gurih khas Minang itu. Dijamin, lidah kamu pasti bergoyang deh. Eits, jangan lupa taburan kerupuk dan bawangnya ya.

4. Bubur Kampiun

takjil khas minang

Foto : bayuwinata.wordpress.com

Bubur kampiun ini adalah salah satu bubur yang isinya paling lengkap. Gimana nggak, Guys. Dalam semangkuk bubur kampiun, kamu akan nemuin ketan putih yang dikukus, bubur sumsum, bubur ketan hitam, kolak pisang/ubi, bubur candil, bubur kacang hijau. Terkadang, ada juga penjual yang memodifikasi bubur kampiun ini dengan mengganti ketan putih dengan lupis, atau candil dengan bubur mutiara. Masalah rasa? Tetep nikmat kok!

5. Aia Aka

takjil khas minang

Foto : 4.bp.blogspot.com

Di daerah lain, minuman ini mungkin lebih dikenal dengan nama es cincau hijau ya. Hal ini karena bahan utamanya memang dari cincau hijau yang dicampur dengan santan dan kuah gula merah yang kental. Hasilnya? Segelas minuman dingin yang endess banget.

Gimana, terpuaskan nggak homesick kamu? Atau jangan-jangan malah makin kangen? Buruan mudik deh, Lebaran nanti ya!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Populer

To Top