Hai, Takaiters!

Apakah kamu termasuk orang yang sering minder? Apakah kamu merasa tidak nyaman ketika orang lain memperhatikan, lalu kamu berpikir seolah-olah mereka memperhatikan kekurangan yang kamu miliki?

Orang yang minder biasanya terlalu fokus kepada kekurangan yang ia miliki. Ia berpikir bahwa kekurangan yang ada pada dirinya akan mempengaruhi secara keseluruhan penilaian orang lain terhadapnya. Ia merasa tidak yakin jika dirinya masih memiliki sesuatu yang pantas untuk dihargai. Padahal sesungguhnya hal tersebut adalah suatu pemikiran yang keliru.

Takaiters, jika kamu termasuk orang yang memiliki perasaan minder cobalah lakukan beberapa hal ini agar bisa membangkitkan kepercayaan dirimu:

1. Menerima Keadaan Diri Sendiri

Foto: pexels.com

Untuk mengatasi rasa minder, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menerima keadaan diri sendiri. Kamu boleh saja memiliki suatu kekurangan tapi hal tersebut jangan sampai mengganggu pikiranmu. Hilangkan rasa kecewamu dengan keadaan tersebut. Kamu harus ikhlas menerima kekurangan itu. Meskipun mungkin kamu merasa kurang nyaman, tetapi percayalah orang lain tidak akan mempermasalahkannya. Jadi, jangan sampai kamu merasa rendah diri.

2. Temukan Kelebihan yang Kamu Miliki

Foto: pixabay.com

Hal kedua yang bisa meningkatkan kepercayaan diri adalah dengan cara menemukan kelebihan yang kamu miliki. Kamu harus tahu bahwa setiap orang itu berbeda dan unik. Setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Yakinlah kamu pun memiliki kelebihan yang mungkin tidak dimiliki orang lain dan kamu harus bangga dan menghargai kelebihanmu itu.

Pilihan Editor


3. Meningkatkan Ketrampilan Diri pada Bidang Tertentu

Foto: pixabay.com

Kamu pasti akan menjadi lebih percaya diri jika memiliki suatu keterampilan tertentu. Cobalah untuk meningkatkan keterampilan bidang-bidang yang kamu minati agar kamu lebih semangat menjalaninya. Orang lain akan membutuhkan dirimu jika kamu mempunyai keahlian. Perasaan dibutuhkan akan menumbuhkan rasa percaya diri. Maka dari itu, teruslah belajar untuk mengasah keahlian di bidang tertentu.

4. Selalu Berpikir Positif

Foto: pexels.com

Berpikirlah dengan cara pandang yang postif, Takaiters. Cintailah dirimu sendiri bagaimana pun keadaannya. Walaupun memiliki kekurangan, kamu tetap bisa menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain. Bertemanlah dengan pribadi-pribadi positif sehingga meraka dapat menerima dan menghargai kekurangan dan kelebihanmu.

5. Bersyukur pada Sang Pencipta

Foto: pexels.com

Jika kamu selalu bersyukur pada Dia yang memberikan kehidupan ini, kamu akan bisa menghargai ciptaan-Nya, yang tak lain salah satunya adalah dirimu sendiri. Tak ada satu pun mahluk ciptaan Tuhan yang tidak berguna, apalagi kita sebagai manusia yang merupakan ciptaan yang paling mulia. Bersyukurlah atas apa yang kamu miliki, hal tersebut akan menjadikan diri kamu lebih percaya diri.

Ok, Takaiters. Semoga saja apa yang disampaikan di atas dapat mengubah cara pandangmu terhadap kekurangan yang kamu miliki sehingga kamu  bisa menjadi pribadi yang lebih percaya diri.