Apakah kamu pernah mengalami lupa? Bisa jadi sebagian besar di antara kita pernah mengalami lupa atau bahkan sering mengalami lupa. Lupa dianggap lumrah jika dialami oleh orang-orang yang sudah lanjut usia karena terjadinya penurunan kinerja otak dalam menyimpan memori.

Namun kenyataannya saat ini yang berusia muda pun sering mengalami lupa. Walaupun lupa terkadang dianggap kebiasaan sepele namun jika terlalu sering mengalami lupa akan menjadi sesuatu yang menjengkelkan.

Bagaimana tidak merasa jengkel karena kebiasaan sering lupa akan sangat mengganggu aktivitas kamu sehari-hari. Lupa juga membuat kamu membutuhkan waktu yang lebih banyak dalam melakukan sesuatu hal karena kemungkinan harus mengulang apa yang dikerjakan akibat dari lupa tersebut.

Lalu bagaimana cara mengatasi kebiasaan lupa agar segala aktivitas bisa lancar dan tidak buang waktu banyak dikarenakan keseringan lupa? Beberapa tips berikut ini mudah-mudahan dapat membantu kamu dalam mengatasi sering lupa.


1. Membuat Catatan

Tips Menghilangkan Kebiasaan Lupa
Foto : pexels.com

Salah satu cara untuk menghindari lupa yaitu dengan membuat catatan. Dengan membuat catatan kamu bisa mempersiapkan segala sesuatu sebelum mengerjakan segala aktivitas sehingga tidak ada lagi yang kurang atau tertinggal karena kamu lupa sesuatu.

2. Meletakan Benda pada Tempat yang Sama

Tips Menghilangkan Kebiasaan Lupa
Foto : pexels.com

Meletakan benda di sembarang tempat akan sering membuat kamu lupa pada saat membutuhkannya sehingga butuh waktu yang lama untuk menemukannya kembali. Alangkah lebih baik menyimpan segala sesuatu pada tempat yang sama sehingga mudah menemukannyadi saat kamu sedang butuh.

3. Rajinlah Membaca

Tips Menghilangkan Kebiasaan Lupa
Foto : pexels.com

Ketahuilah membaca dapat meningkatkan daya konsentrasi kamu terhadap sesuatu. Dengan membaca otak akan terlatih untuk fokus sehingga dapat membantu memperkuat kerjanya dalam mengingat.

Pilihan Editor



4. Menghafal Kata-kata

Tips Menghilangkan Kebiasaan Lupa
Foto : pexels.com

Lupa berhubungan dengan kelemahan otak dalam mengingat. Cobalah latih kemampuan otak untuk mengingat dengan menghafal sejumlah kata-kata atau kalimat. Menghafal akan melatih kemampuan untuk menyimpan sesuatu di dalam memori.

5. Hindari Kepanikan

Tips Menghilangkan Kebiasaan Lupa
Foto : pexels.com

Terkadang banyaknya masalah dan pekerjaan membuat kamu panik sehingga banyak hal-hal yang terlupakan. Usahakanlah untuk selalu tenang karena rasa panik akan membuat otak kehilangan kemampuan untuk mengingat akibat sudah terlalu sibuk dengan beban pikiran yang lainnya.

6. Tidurlah yang Cukup

Tips Menghilangkan Kebiasaan Lupa
Foto : pexels.com

Terlalu banyak berpikir akan membuat otak merasa lelah sehingga akan menurunkan kemampuannya untuk mengingat. Otak perlu untuk istirahat untuk berhenti sejenak dalam berpikir yaitu dengan tidur yang cukup sehingga ketika terbangun akan terasa lebih fresh dan daya ingat akan menjadi lebih baik.

7. Makan Makanan yang Memberi Nutrisi Otak

Tips Menghilangkan Kebiasaan Lupa
Foto : pexels.com

Makanan juga akan mempengaruhi kinerja otak. Maka untuk meningkatkan daya konsentrasi dapat ditunjang dengan makanan yang mengandung nutrisi yang baik untuk otak. Di antara makanan yang dapat memberikan nutrisi yang baik adalah buah-buah dan sayur-sayuran seperti strawberry, apel, jeruk, anggur, brokoli dan kol. Selain itu nutrisi otak yang baik dapat ditemukan pada ikan seperti ikan salmon dan ikan tuna.


Mungkin kamu tidak bisa menghilangkan lupa itu sepenuhnya. Namun akan lebih baik jika dapat mengurangi keseringan lupa agar segala aktivitas dan urusan akan lebih lancar sehingga tidak membuang waktu lebih banyak akibat sering lupa. Semoga saja tips-tips tersebut akan bermanfaat bagi kamu yang sering mengalami lupa.