Holla, Guys!

Siapapun tahu, profesi akademis seperti dosen apalagi profesor adalah pekerjaan yang tidak mudah. Tidak semua orang bisa meraihnya, Guys. Jenjang pendidikan yang tinggi serta kecerdasan di atas rata-rata biasanya diampu oleh profesi ini.

Seorang dosen minimal harus bergelar magister dan membuat artikel jurnal. Sementara selain harus menyelesaikan pendidikan S3, seorang profesor harus menghasilkan karya tulis dan riset yang diakui.

Tak berlebihan kan, Guys jika seseorang menjadi dosen ataupun profesor saat sudah berusia di atas 30 tahun. Namun, bagaimana jika profesi ini mampu diraih oleh anak yang berusia 9 tahun? Wow, tentu hal yang amat menakjubkan bukan?

Ini dia dosen termuda di dunia yang sudah mengajar mahasiswa di usia yang masih sangat belia. Salah satunya dari Indonesia lho, Guys. Simak yuk!

1. Vitaly Nechaev

Dosen Termuda di Dunia
Foto : pbs.twimg.com

Vitaly Nechaev masih berumur 9 tahun saat menjadi dosen sejarah di Universitas Nasional Cherkasy, Ukraina. Dia bahkan harus naik ke atas kursi saat mengajar agar semua mahasiswa bisa melihatnya. Presiden Ukraina, Victor Yanukovych pernah memberikan jam tangan sebagai penghargaan untuknya pada tahun 2012. Masyarakat Ukraina amat kagum dengan kecerdasannya.

2. Sabawoon Nangarahi

Dosen Termuda di Dunia
Foto : kbr.id

Anak lelaki asal Afganistan ini berhasil menjadi dosen di University of Spoken English di Peshawar. Usianya masih 11 tahun kala itu. Sabawoon adalah anak dari pengungsi asal Afganistan yang banyak mengungsi ke Peshawar tiap tahunnya. Selain mengajar bahasa Inggris, dia juga mengajar IT dan kewirausahaan. Banyak mahasiswa yang suka akan cara mengajarnya.

Pilihan Editor



3. Alia Sabur

Dosen Termuda di Dunia
Foto : irishtimes.com

Gadis yang sangat cerdas ini berhasil dinobatkan Guinness Books of Records sebagai profesor termuda dalam sejarah. Coba tebak, Guys usianya berapa saat itu? Yapt, masih 19 tahun. Setelah 200 tahun, tidak ada yang menyusul Colin Maclauria, anak didik Newton, akhirnya Alia Sabur mampu menyandang gelar itu.

Bayangin, Takaiters, di kelas empat SD dia langsung loncat ke perguruan tinggi dan berhasil lulus sum cumlaude lho. Dia mengajar bidang studi matematika di Universitas Konkuk, Seoul, Korea Selatan. Alia  sangat suka mengajar. Menurutnya, dengan mengajar, dia akan memampukan seseorang membuat perbedaan.

4. Nelson Tansu

Dosen Termuda di Dunia
Foto : media.tumblr.com

Namanya yang mirip dengan menteri asal Turki, Tansu Ciller, dan berbau kejepang-jepangan, membuat dia sempat dikira orang Turki atau Jepang. Padahal, Nelson Tansu asli orang Indonesia lho, Takaiters. Dia lahir di Medan. Sampai sekarang dia masih berkewarganegaraan Indonesia dan bangga akan itu.

Nelson Tansu berhasil menyelesaikan S1-nya dalam waktu 2 tahun 9 bulan dan lulus dengan predikat summa cum laude. Sarjana bidang Applied Mathematics, Electrical Engineering and Physics (AMEP) ini berhasil menjadi profesor dengan 3 penelitian yang sudah dipatenkan USA.

Nelson Tansu juga mempunyai 11 scientific award di tingkat internasional dan 80 karya di jurnal internasional. Dia dinobatkan menjadi guru besar di University Bethlehem, Pennsylvania 18015, USA pada usia yang masih sangat muda, 26 tahun. Sampai saat ini, Tansu aktif diundang sebagai pembicara dalam seminar berbagai negara. Wah, benar-benar luar biasa ya, Indonesia harus bangga nih.

Nah, Guys, itulah orang-orang yang dibekali kemampuan khusus dengan tingkat kecerdasan tinggi yang mampu membanggakan dunia dengan profesi mereka. Salah satunya adalah anak bangsa, Nelson Tansu. Semoga kelak lahir Nelson Tansu lain yang mengukir sejarah bangsa ini dan meningkatkan prestasi Indonesia di kancah dunia.