Holla Takaiters!

Guys, saat ini umat Muslim telah memasuki bulan Rajab. Dalam kalender Hijriyah (kalender Islami), bulan ini termasuk satu dari empat bulan mulia.  Karena bulan Rajab merupakan bulan haram, maka tidak heran jika dikalangan masyarakat muslim banyak yang melakukan amal-amalan ketaatan di bulan ini, termasuk menunaikan puasa sunnah rajab.

Selaim itu bulan Rajab juga memiliki beberapa keistimewaan. Intip yuk! Apa, sih istimewanya bulan ini, sehingga umat Muslim sangat antusias menyambut datangnya Bulan Rajab?

Dalam kitab Suci Al-Quran Allah menetapkan bulan Rajab termasuk bulan Haram

keistimewaan bulan rajab
Foto : studisyiah.com

Dalam QS. At-Taubah: 36, Allah menyebutkan bahwa Bulan Rajab adalah termasuk dari golongan empat bulan haram, di antaranya: Zulqaidah, Zulhijjah, Muharram, dan Rajab.

Haram berasal dari kata hurum, dalam bahasa Arab artinya mulia. Meski pada bulan lain juga dianjurkan, namun pada bulan haram ini kita lebih ditekankan untuk  dilarang terlibat dalam pertikaian.

Jadi, hati-hati, Guys! melakukan perbuatan maksiat di bulan haram akan mendapatkan dosa berlipat, lho. Tetapi jangan khawatir, sebaliknya jika kita melakukan amal baik, maka akan mendapatkan pahala yang berlipat juga. Sepadan, kan ….. Meskipun derajatnya masih di bawah bulan suci Ramadan.

Untuk itu, kita dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah pada saat bulan Rajab, di antaranya: meningkatkan sedekah, memperbanyak puasa sunah, serta mengurangi bergunjing, ya. Masih banyak lagi jenis ibadah yang dapat dilakukan, asalkan tetap sesuai dengan ajaran Rasulullah.

Pada Bulan Rajab, Rasulullah melaksanakan perjalanan Isra’ Mi’raj

keistimewaan bulan rajab
Foto : islamcendekia.com

Isra’ Mi’raj merupakan sebuah ‘paket hiburan’ yang diberikan Allah kepada Rasulullah setelah ditimpa kesedihan kehilangan Khadijah,  istri tercinta. Guys, para Ulama sepakat jika Isra’ Mi’raj jatuh pada tanggal 27 Rajab.

Pada peristiwa ini,  Rasulullah mendapatkan perintah shalat lima waktu. Perlu kalian ketahui, banyak sekali hikmah yang terkandung dalam Isra’ Mi’raj. Salah satunya adalah, setiap kesedihan dan ujian, akan diganti kemuliaan oleh Allah. Untuk itu, jika mendapatkan cobaan hendaknya kita mendekatkan diri dengan menambah khusyu’ shalat kita.

Maka dari[ada itu, dalam Bulan Rajab inilah saat yang tepat untuk kita introspeksi diri apakah shalat kita masih bolong-bolong.

Bulan Rajab merupakan gerbang menuju bulan suci ramadan

keistimewaan bulan rajab
Foto : shutterstock

Yappt, dengan melatih diri untuk meningkatkan ibadah serta amal baik di Bulan Rajab, insyaallah kita sudah siap untuk menghadapi bulan puasa ramadhan. Sebab, di bulan suci Ramadan nanti kita akan menghadapi lebih banyak ujian. Semoga kita masih dipertemukan dengan Ramadhan, ya, Guys.

Nah, itulah beberapa keistimewaan Bulan Rajab. Semoga kita dapat mengambil hikmahnya dan termotivasi untuk menyebarkan kebaikan kepada sesama.