Hai, Takaiters!

Semua pasti tahu bahwa kopi mengandung kafein. Ternyata, Guys, dengan mengkonsumsi 100 mg kandungan kafein, disinyalir mampu memperbaiki suasana hati. Jika ingin lebih fokus lagi, sekitar 200 mg kafein dan 300-400 mg kafein dapat mengatur jam biologis tubuh. Namun, efek kafein ini tidak sama pada setiap orang. Tergantung seberapa peka tubuh seseorang menerima reaksi kafein kopi.

Bagi penikmat kopi, bukan hanya sekedar kopi di seduh air panas atau pun jenisnya. Namun, cara seduhlah yang bisa menghasilkan kopi yang aromatik. Ada beberapa teknik seduh di dunia yang perlu kamu tahu. Ini dia, Guys.

Kaffeost, Finlandia

Foto: coffeeland.co.id

Kaffeost dikenal dengan kopi keju yang merupakan minuman tradisional Finlandia dan Swedia Utara. Keju yang digunakan leipajuusto yaitu keju yang terbuat dari susu, sapi, kambing, dan yang terbaik adalah susu rusa.
Dengan berbagai cara seduh, kopi yang tersedia dilengkapi dengan menambahkan 2-3 blok keju leipajuusto, biarkan lumer. Kopi siap dinikmati.

Turkish Coffee

Foto; steemit.com

Cara seduh kopi Turkish adalah salah satu teknik tertua di dunia penyeduhan kopi. Sejak abad ke-15, Turki menggunakan pot tertentu yaitu cezve (baca: jezz-va) atau Turki pot atau menggunakan pasir panas.

Cara seduh Turkish Coffee adalah isi cezve dengan 3 sendok teh kopi giling, tambahkan gula atau sesuai selera, air matang suhu ruang, aduk hingga merata. Panaskan cezve di atas api. Ketika terbentuk foam atau buih cukup tebal (70•C), jangan sampai mendidih, angkat dan tuangkan sebagian ke dalam cangkir. Panaskan lagi, ulangi 2-3 kali. Intinya, teknik seduh Turkish Coffee ini jangan sampai mendidih, agar menghasilkan kopi yang aromatik, yess!

Pilihan Editor


Kopi Vietnam

Foto: harga-jual.com

Kopi Vietnam dinikmati dengan single cup filter atau “phin”, lebih dikenal dengan Vietnam drip. Kopi giling yang digunakan biasanya agak kasar agar hasil lebih matang dan sempurna.

Cara membuatnya, masukkan kopi giling ke dalam phin, ratakan dan tutup. Siapkan cangkir atau gelas, tambahkan susu kental manis atau gula. Simpan phin di atas cangkir, tuangkan air mendidih (100C). Kopi akan menetes perlahan hingga habis. Jika suka kopi dingin, bisa ditambahkan es batu.

Kopi Thailand

Foto: draxe.com

Di Thailand Utara, Chiang Min mempunyai keunikan kopinya, yaitu thai coconut milk coffee. Cara seduh kopi secara manual brew, yaitu seduh kopi hitam atau double espresso. Panaskan santan murni sepertiga atau setengah cangkir, jangan sampai mendidih, pindahkan ke cangkir saji, lalu masukkan kopi hitam tadi. Tambahkan madu atau gula aren, aduk rata. Kopi siap dinikmati.

Pharisaer, Kopi Jerman

Foto: nutscofee.com

Keunikan dari Pharisaer ini adalah kopi hitam yang dingin karena disimpan di dalam kulkas. Cara penyajiannya, masukkan dua sendok es krim vanila ke dalam gelas, tuangkan kopi dingin ke atas es krim. Kemudian beri whipped cream di atasnya, taburi parutan coklat blok.

Cafe de Olla, Meksiko

Foto: storynotch.com

Kopi ini disajikan dalam sebuah wadah khusus berbahan tanah liat yang dipercaya bisa mempengaruhi rasa kopi. Rasa kopi yang diseduh dengan cara ini semakin pekat karena diberi campuran kayu manis dan piloncillo (sejenis gula merah).

Kopi Luwak, Indonesia

Foto: kabehsedulur.com

Ini dia, kopi terunik di dunia. Berasal dari Indonesia asli, bisa ditemukan di Ciwidey, Gunung Puntang, Jawa Barat. Uniknya adalah biji kopi luwak diambil dari sisa kotoran binatang luwak (sejenis musang). Dan diyakini memiliki cita rasa yang khas, karena telah melewati saluran pencernaan luwak. Untuk cara penyeduhan kembali pada masing-masing orang.

Kopi Gayo, Aceh, Indonesia

Foto: kaskus.co.id

Cara unik ini banyak didapat di kedai-kedai kopi. Keunikan kopi tarik ini adalah baristanya mempunyai daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Cara seduh kopi, air kopi disaring secara berulang dengan menggunakan kain saring, lalu dituangkan berpindah-pindah dari satu ceret ke ceret lain sebelum disajikan ke dalam gelas-gelas. Aroma kopinya luar biasa. Kayaknya, Takaiters harus mencoba langsung ke tanah Aceh, nih!

Jadi, Guys, untuk mendapatkan kopi yang aromatik, selain jenis biji kopi, apa pun cara seduh kopinya, yang pasti harus tepat pengerjaannya. Agar keluar aroma kopi yang diharapkan. Ok, selamat mencoba!