Hollaa Takaiter,

Kamu pasti tahu dong Jepara? Yapptt, Jepara adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya adalah Jepara.  Mengunjungi kota Jepara bagaikan kembali memasuki peradaban kuno tempo dulu. Hal ini bisa dilihat dari berbagai peninggalan sejarah yang ditinggalkan pada masa itu. Beberapa benda, bangunan dan bentang alam yang indah akan Takaiters jumpai di sana.

Kota ini tidak hanya dikenal sebagai kota lahirnya Pahlawan Nasional Emansipasi Wanita Nasional yaitu RA Kartini, akan tetapi juga terkenal dengan beberapa hal-hal menarik yang sayang sekali untuk dilewatkan. Apa saja itu, yuk kita intip disini.


Tahukah kamu, Kota Jepara juga di identik dengan kota ukir

fakta unik jepara
Foto : twimg.com

Pada jaman kerajaan Kalinyamat yang dipimpin oleh Sultan Hadlirin, disebutkan bahwa sang sultan mempunyai ayah angkat yang berasal dari Cina. Beliau membawa batu dari negaranya untuk diukir dan diletakkan di Masjid Mantingan yang ada di Jepara. Tak hanya itu saja, ayah angkat sultan juga mengajarkan kepada penduduk setempat tentang tata cara mengukir. Karena itulah Kota Jepara dijuluki Kota Ukir.

Pilihan Editor



Dijuluki sebagai Kota Energi

fakta unik jepara
Foto : Timo Jokinen

Slogan RA Kartini,  ’Habis Gelap Terbitlah Terang’ oleh Pemerintah Kabupaten Jepara direalisasikan dengan adanya PLTU di Jepara. Hal ini dilakukan sebagai pemasok listrik di Jawa, Bali dan Madura. Oleh sebab itu, pada jaman gubernur Bibit Waluyo, Kota Jepara  mendapatkan julukan sebagai Kota Energi.

Dikenal juga sebagai Kota Fashion dan Kota Kerajinan

Foto : liputan6

Hal menarik lain dari kota Jepara yaitu dikenal sebagai tempat ditemukannya berbagai produk fashion seperti, tenun ikat di Toso, konveksi pakaian dan bordir, perhiasan monel, serta perhiasan emas.

Di samping itu juga, Kota Jepara juga dikenal sebagai Kota Kerajinan, hal ini dibuktikannya dengan peninggalan kerajinan patung relief, gerabah, rotan, anyaman bambu, seni macan kurung dan sebagainya.

Dikenal dengan istilah Caribbean Van Java

fakta unik jepara
Foto : piknikasik.com

Keindahan kepulauan Karimunjawa mempunyai kesamaan lain dengan kepulauan Karibia atau Hindia Barat. Di mana kepulauan itu terdiri dari pulau-pulau kecil yang terbentang menuju selatan bawah Florida ke barat laut Venezuela di Amerika Selatan. Oleh sebab itu, pada jaman kependudukan bangsa Belanda di Indonesia, pemerintah Belanda memberi julukan Jepara sebagai Caribbean Van Java.

Scheveningen Van Java

Foto : twitter.com/1000_guru

Julukan ini diberikan oleh sahabat RA Kartini, yang bernama Ny. Ovink yang pada saat itu berkunjung ke Jepara untuk berlibur bersama suaminya. Mereka pergi berlibur di pantai 7 kilo meter arah utara Jepara yang sekarang dikenal sebagai Pantai Bandengan. Ia takjub dengan keindahan pasir putih di sana dan menyamakannya dengan pantai di Holland yang bernama Klein Scheveningen.


Nah, Takaiters gimana pendapat kalian tentang kota ini setelah membaca pemaparan di atas? Pasti penasaran kan ingin mengunjungi kota Jepara? Ingin membuktikan keadaan yang sesungguhnya.

Berkunjung ke kota Jepara dijamin puas. Sebab, selain punya fakta unik dan nilai sejarah masa lalu yang indah, fakta lain Jepara juga dikenal sebagai destinasi wisatanya yang mengagumkan. Pokoknya dijamin tidak bakal rugi dan menyesal berwisata di kota ini.