Halo, Takaiters!

Sarapan adalah waktu makan yang sering banget dilewatkan oleh orang-orang sibuk seperti kita. Entah itu sibuk ke kantor, atau buru-buru masuk kelas kuliah. Kadang juga kita sarapan seadanya, hanya untuk mengganjal lapar. Tahu, gak, Guys? Ternyata sarapan yang baik dan “properly” itu sangat berpengaruh untuk kesehatan kita, dan bahkan mood kita seharian. Kamu mau tahu pentingnya sarapan sehat untuk memulai harimu? Yuk, simak bahasan berikut.

1. Sarapan sehat menjagamu tetap fokus

tips milih jurusan kuliah
Foto: pexels.com
Sarapan sehat bisa membuat kamu lebih fokus menghadapi harimu. Baik Kamu yang kerja kantoran, mahasiswa, atau kamu yang cuma mau menghabiskan waktu seharian di rumah.
Sarapan sehat secara rutin akan menjagamu agar tetap fokus. Apa yang lebih buruk daripada menghitung detik demi detik menunggu jam makan siang tiba? Kalau kamu sarapan, perut dan otakmu tersuplai energi, dan kamu akan fokus pada pekerjaanmu tanpa harus resah, kapan, ya jam istirahatnya? Enggak keren banget, kan, kalo dikit-dikit lihat jam karena kepengen segera ke kantin?

2. Sarapan Sehat sebagai charger untuk otak dan badan setelah semalaman “puasa”

Foto: unsplash.com

Bahasa Inggris dari “sarapan” adalah breakfast.  fast artinya puasa, dan breakfast  artinya berbuka puasa. Maksudnya, setelah kita tidur berjam-jam tanpa makan dan minum, sarapan adalah makanan pertama yang masuk ke dalam perut kita. Sarapan ibarat bensin untuk otak dan tubuh kita. Tanpa sarapan, kamu seperti menyalakan mobil tanpa bensin. Yah, harus ngedorong, dong? Hehe.

Pilihan Editor


3. Sarapan sehat memenuhi kebutuhan energi kamu

Foto: unsplash.com

Mungkin kamu sudah merasakan sendiri, kalau kamu enggak makan, rasanya enggak nyaman, kan? Kalau sekarang Kamu terbiasa enggak sarapan, nanti setelah bangun tidur di pagi hari, coba deh pikirkan, kapan sih terakhir kamu makan? Mungkin sudah lebih dari 8 jam yang lalu. Terus, kenapa kamu harus nunggu lebih lama lagi untuk makan?

Tubuh kita perlu energi untuk berfungsi dengan baik, dan energi itu berasal dari makanan. Makin cepat kamu makan, artinya makin cepat pula tubuh kamu mendapatkan energi. Dan itu pasti berpengaruh terhadap kinerja kamu hari ini. Berani buktiin, Guys?

4. Sarapan sehat bisa bikin kamu bahagia

Foto: pexels.com
Makanan yang kita makan bisa memengaruhi mood kita, loh. Dan kalau kamu sarapan, dijamin mood kamu akan baik-baik saja sampai jam makan siang tiba. Karena makan di pagi hari memberi kita energi tambahan dan menyeimbangkan kadar gula darah kita. Kalau gula darah dalam tubuh kita rendah, kita akan mudah uring-uringan, enggak mood, dan lain-lain. Sarapan akan menyeimbangkan kadar gula itu, sehingga kita enggak uring-uringan lagi, deh.

5. Sarapan sehat berguna menjaga kesehatanmu

Foto: pexels.com

Sarapan bisa mengurangi obesitas. Sarapan juga mencegah penyakit tekanan darah tinggi, jantung, dan diabetes. Dengan makan makanan yang sehat di pagi hari, kamu akan terhindar dari keinginan makan kudapan enggak sehat sampai waktu makan siang tiba. Akibatnya, kamu juga akan terhindar dari mengonsumsi kolesterol dan lemak jahat yang sering terkandung di dalam makanan enggak sehat itu, Guys.

Jadi, kalau kamu berencana diet buat ngurusin badan, biasakan sarapan sehat mulai sekarang, ya. Sarapan sehat penting sekali untuk kesehatan kita. Setuju ‘kan, Guys?