Sudah bukan rahasia lagi, bahwa orang minang memang terkenal berani berpetualang dan merantau ke daerah-daerah lain. Hal tersebut dilakukan lantaran demi mengumpulkan uang, menimba ilmu dan mencari penghidupan melalui bisnis-bisnis yang dikemas secara kreatif yang mampu menjadi inspirasi bagi banyak orang.

Bahkan tidak jarang dari mereka yang sudah mencapai keberhasilan, tetapi ada pula yang biasa saja, hal inilah yang juga dialami oleh 7 anak muda minang paling berprestasi berikut ini, mau tahu siapakah mereka? Simak yuk infonya dibawah ini!

1.  Ferry Unardi, pendiri situs traveloka.com

anak muda minang yang paling berpengaruh
Foto : indosatooredoo.com

Ferry Unardi, pria kelahiran 16 Januari 1988 sekaligus pendiri situs Traveloka lahir di Kota Padang. Setelah kelulusan SMA, Ferry memilih untuk melanjutkan pendidikannya ke Purdue University program studi Computer Science dan Engineering. Ferry pernah bekerja di perusahaan pembuat perangkat lunak terbesar di dunia yaitu Microsoft.

Tepat pada tahun 2012, Ferry dan dua orang sahabatnya, Derianto Kusuma dan Albert memutuskan untuk mulai membangun konsep dan core business untuk Traveloka sebagai startup reservasi tiket pesawat di Indonesia. Pada bulan Oktober 2012, startup Traveloka berhasil di luncurkan versi beta.

2. Alfatih Timur, anak muda minang yang mendirikan situs Kitabisa.com

anak muda minang yang paling berpengaruh
Foto : mediaindonesia.com

Alfatih Timur atau lebih akrab dipanggil Timmy dulunya aktif sebagai aktivis mahasiswa. Pria yang lahir di Padang pada 1991 silam ini, saat ini sedang menggeluti dunia sosial enterprenuer yang bertujuan untuk memberikan perubahan sosial ekonomi pada masyarakat melalui program pengumpulan dana (Crowlfunding) yang diberi nama Kitabisa.com.

Kitabisa.com sudah berdiri sejak 2013 silam, kitabisa.com merupakan sebuah program pengumpulan dana berbasis website, nantinya dana yang sudah terkumpul tersebut akan digunakan untuk membiayai berbagai macam proyek sosial yang diusulkan oleh masyarakat.

3. Faldo Maldini, pendiri Pulangkampuang.com

anak muda minang yang paling berpengaruh
Foto : 3.bp.blogspot.com

Faldo Maldini merupakan anak muda minang paling berprestasi berikutnya. Faldo Maldini yang lahir pada 6 Juli 1990 di Padang , Sumatera Barat ini memiliki sebatas prestasi akademik yang tidak perlu diragukan lagi, dikarenakan ia merupakan lulusan pasca sarjana yang berasal dari salah satu universitas terbaik dunia yakni Imperial College London, Inggris.

Bersama rekannya, Zelvin Andika ZM, Faldo Maldini mendirikan sebuah website yang diberi nama Pulangkampuang.com, sebuah web portal yang bertujuan untuk menyatukan seluruh orang minang yang berada di daerah perantauan baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Website ini juga berkontribusi bagi para urang awak yang masih terus berjuang di daerah perantauannya.

4. Iman Usman, pendiri Ruangguru.com

anak muda minang yang paling berpengaruh
Foto : youngsters.id

Anak muda minang ini lahir pada 21 Desember 1991 di Padang, Sumatera Barat. Ia aktif sebagai pengusaha, aktivis sosial, serta dikenal luas sebagai duta muda untuk ASEAN.

Saat ini, Iman Usman sedang fokus menggeluti bisnis startup-nya yang diberi nama Ruangguru.com. Website ini merupakan sebuah perusahaan digital yang membahas mengenai pendidikan dan teknologi, selain itu perusahaan ini juga mengembangkan learning management system yang diperuntukkan para pelajar di bangku sekolah SD, SMP hingga SMA.

5. Rio Vamory, Juragan Sate Padang di Swiss

anak muda minang yang paling berpengaruh
Foto : kompas.com

Bernama lengkap Rio Vamory, pria kelahiran kota Padang Panjang ini adalah juragan sate Padang di Zurich, Swiss. Sate yang dijualnya bukan sate daging melainkan sate ayam. Mungkin saat ini ai menjadi satu-satunya orang Indonesia yang ada di Zurich, Swiss yang membuka bisnis sate.

Berkat usahanya koran terbesar di Swiss yakni Neuer Zurcher Zeitung (NZZ) menerbitkan satu halaman penuh tentang dirinya. Meski telah sukses di rantau, Rio tidak lupa dengan kampung halamannya. Ia mengumpulkan 1 Frank Swiss dari setiap sate yang terjual untuk membantu pelestarian alam Sumatera.

6. Wempy Dyocta Koto, CEO Wardour and Oxford

anak muda minang yang paling berpengaruh
Foto : licdn.com

Siapa yang tidak kenal dengan sosok tokoh minang satu ini? Wempy Dyocta Kota merupakan seoarang pengusaha Indonesia sukses yang lahir pada 14 Oktober 1976 di Padangpanjang, Sumatera Barat. Saat ini, ia sudah menginjak usia 40 tahun.

Wempy Dyocta Koto merupakan seorang pendiri perusahaan konsultasi pengembangan bisnis internasional “Wardour anda Oxford”.  Tidak cuma itu, ia juga memiliki peran besar dibalik kesuksesan beberapa perusahaan waralaba Indonesia yang berhasil atau sudah masuk ke pasar internasional. Keren bukan?

 7. Yuliandre Darwis, Ketua Penyiaran Indonesia termuda

anak muda minang yang paling berpengaruh
Foto : brta.in

Yuliandre Darwis saat ini merupakan Ketua Penyiaran Indonesia yang sangat aktif dalam berorganisasi, dulunya saat di bangku kuliah, ia pernah menjabat sebagai Ketua Persatuan Pelajat Indonesia (KPPI) di Universitas Teknologi Mara (Uitm) di Malaysia, dan mengembangkan kebudayaan minang saat ia menempuh pendidikan di Malaysia tersebut.

Bukan hanya itu, Yuliandre Darwis juga pernah dipercaya menjadi duta muda UNESCO dan mewakili Indonesia di PBB di Paris, Prancis.

Itulah beberapa anak muda yang dinobatkan sebagai anak muda minang berprestasi, pasti sebelumnya mereka banyak melalui banyak cobaan yang bertubi-tubi sebelum mencapai kesuksesan yang mereka rasakan saat ini. Namun cobaan itu harus mampu dilalui , karena cobaan merupakan salah satu cara untuk membuat seseorang menjadi orang yang besar di kemudian hari.