Hallo, Takaiters!

Ngemil adalah  kegiatan yang tidak pernah ditinggalkan, apalagi kalau dalam kondisi perut  kosong. Jika perut sedang kosong, makanan apapun pasti dijadikan camilan untuk menahan rasa lapar.

Camilan yang sederhana biasanya terbuat dari olahan tepung terigu, telur, tapioka atau tepung kanji yang diolah atau dibuat seunik mungkin, agar bisa laris. Nah, bahan makanan yang terbuat dari tapioka atau tepung kanji di masyarakat Sunda sering dinamakan “ACI”.

Kata “ACI” tersebut dipakai sebagai nama makanan olahan yang terbuat dari bahan utama tepung kanji. Ada beberapa makanan dari bahan utama tepung kanji adalah sebagai berikut:

1. Cireng

Nama Makanan yang Berawalan “Ci”
Foto : www.rumahmesin.com

Cireng adalah makanan olahan yang terbuat dari tepung kanji yang digoreng. Bentuknya bermacam-macam, ada yang seperti bintang, wajit, bulat, ataupun segi empat. Ada juga cireng isi, yang mengandung daging ayam cincang, abon atau  sosis. Masyarakat Sunda menamakan demikian karena ada “ACI” di goreng.

2. Cimol

Foto : resepcaramemasak.info

Cimol adalah makanan olahan yang terbuat dari tepung kanji yang di goreng, bentuknya bulat-bulat kecil seperti kelereng. Masyarakat Sunda menamakan demikian karena ada “ACI diemol-emol,” atau aci di bentuk bulat dengan tangan.

3. Cilung

Nama Makanan yang Berawalan “Ci”
Foto : resepnusantara.id

Cilung adalah makanan olahan yang terbuat dari tepung kanji yang digulung sambil digoreng. Tepung kanji cair dituangkan pada wajan secara tipis, kemudian ditarik mengeliling atau digulung  menggunakan tusuk sate.

Hasil yang sudah digoreng, dimasukan ke dalam adonan parutan kelapa kering. Hasilnya kenyal dan enak. Masyarakat Sunda menamakan demikian karena ”ACI” tersebut digulung saat di goreng.

4. Cibay

Nama Makanan yang Berawalan “Ci”
Foto : cdninstagram.com

Cibay adalah makanan olahan yang terbuat dari tepung kanji yang digoreng, berisi bahan daging ayam cincang, atau sosis cincang, ada juga yang berisi abon. Makanan ini, ketika dimakan, akan terlihat ada tepung kanji yang lumer.  Masyarakat Sunda menamakan demikian karena ada “ACI ngambai,” atau aci yang meleleh. Rasanya gurih dan lezat.  Di dalam cibay ada isinya, seperti daging ayam, abon, atau sosis.

5. Cipe

Nama Makanan yang Berawalan “Ci”
Foto : resepdanmasakan.com

Cipe adalah makanan olahan yang terbuat dari tepung terigu ditambah sedikit tepung kanji yang digoreng bersama tempe. Masyarakat Sunda menamakan demikian karena “ACI” dan terigu dicampur dengan tempe pada saat digoreng.

6. Cilok

Nama Makanan yang Berawalan “Ci”
Foto : idntimes.com

Cilok adalah makanan olahan yang terbuat dari bahan  tepung kanji yang dibentuk bulat-bulat lalu ditusuk dengan tusukan lidi. Masyarakat Sunda menamakan demikian karena ada bahan “ACI” yang di “colok “ dengan lidi.

7. Citruk

Nama Makanan yang Berawalan “Ci”
Foto : 4.bp.blogspot.com

Citruk adalah makanan olahan yang terbuat dari parutan singkong yang dicampur dengan tepung kanji, lalu dibentuk bulat-bulat kemudian digoreng. Hasilnya seperti kelereng. Kalau dimakan akan berbunyi kriuk-kriuk, renyah, tapi agak keras. Masyarakat Sunda menamakannya Citruk karena ketika dimakan berbunyi  ngajeletruk.

8. Cigor

Nama Makanan yang Berawalan “Ci”
Foto : vemale.com

Cigor adalah makanan olahan yang terbuat dari campuran tepung kanji dan tepung terigu yang dibentuk  bulat-bulat, kemudian digoreng. Masyarakat Sunda mengatakan demikian karena ada bahan “ACI” yang dibuat bulat-bulat seperti cilok kemudian digoreng. Dikenal sebagai “Cilok Goreng”

Takaiters, itulah nama-nama makanan olahan dari bahan utama tepung kanji yang  berawalan kata “Ci”. Silahkan mencoba! Pasti ketagihan, deh!