Hollaa Takaiters,

Sudah pernahkah sahabat Takaiters mengunjungi kota Kudus? Di sini kita bisa temukan banyak sekali tempat wisata, tempat ziarah, musium, dan yang tak boleh ketinggalan adalah kulinernya juga ya. Yaitu olahan dari daging kerbau yang sangat nikmat.

Di Kudus terkenal dengan berbagai olahan masakan berbahan daging kerbau. Hewan yang berwarna keabu-abuan itu memiliki daging yang rasanya dijamin ladzid dan mantab pokoknya. Nah, pada ulasan kali ini, Takaitu akan memberikan beberapa rekomendasi masakan Kudus yang berbahan daging kerbau yang wajib kalian cobain. Apa aja itu, yuk kita intip.

1. Soto kerbau

makanan kudus serba daging kerbau
Foto : opo kek blog

Soto kerbau Kudus ini beda dengan soto di tempat lain ya. Soto Kudus dibuat dengan bumbu yang kaya akan rempah. Kuahnya bening tidak menggunakan santan, sehingga kuahnya memang tidak kental.

Daging kerbau yang memiliki rasa ada manis-manisnya serta berwarna kemerahan tersebut direbus hingga empuk. Untuk penyajiannya, soto ini dilengkapi dengan beberapa sayuran seperti irisan wortel, perasan jeruk nipis, kecambah, dan taburan bawang.

Pilihan Editor



2. Nasi pindang

makanan kudus serba daging kerbau
Foto : khasiat.co.id

Jangan dibayangkan ini olahan nasi yang disandingkan dengan ikan pindang ya Sobat Takaiters. Nasi pindang ini adalah nasi dengan potongan-potongan daging kerbau yang sudah diolah dan disiram dengan kuah bumbu rempah hitam manis serta dilengkapi dengan daun salam yang layu.

3. Bakso kerbau

makanan kudus serba daging kerbau
Foto : cumibunting.com

Pada umumnya bakso menggunakan daging sapi. Tapi di Kudus, Sobat Takaiters akan menjumpai banyaknya pedagang bakso kerbau. Bakso kerbau sendiri sebenanrnya seperti bakso pada umumnya. Hanya saja bakso ini menggunakan daging kerbau pilihan sebagai bahan utamanya yang tentunya digiling dan diolah terlebih dahulu.

4. Sate kerbau

makanan kudus serba daging kerbau
Foto : gotravelly.com

Tidak seperti sate lainnya, sate kerbau ini mempunyai tekstur yang sangat lembut karna digiling dan dicampur dengan berbagai bumbu rempah, baru kemudian disajikan menggunakan tusuk seperti sate lainnya dan dibakar menggunakan arang. Ketika disajikan, sate ini disiram dengan bumbu sate yang ternyata juga berbeda dengan bumbu sate lainnya.

Hhmm…bikin penasaran ya. Cobain yuk.Pastinya ada cerita dan sejarah tersendiri mengapa di Kudus banyak sajian kuliner dari daging kerbau.

So, buruan melancong ke tanah Kudus yang kaya akan wisata dan kulinernya ya sahabat Takaiters.