Hallo, Takaiters!

Matematika tidak seperti mata pelajaran lain dan mungkin subjek yang paling ditakuti di seluruh dunia. Sementara sebagian besar subjek dicintai dan dibenci karena preferensi atau kesukaan siswa sendiri, cinta atau kebencian terhadap matematika sebagian besar berasal dari guru matematika yang mengajar siswa tersebut. Ini karena cinta atau benci pada matematika tergantung seberapa baik seorang siswa memahami konsep matematika itu sendiri.

Dengan demikian, peran seorang guru matematika yang krusial dan sukes sangat penting. Tidak hanya itu, seorang guru matematika harus memiliki beberapa keterampilan dan kualitas yang dapat diterapkan di semua tingkatan. Beberapa kualitas tersebut diantaranya:

Ahli Ilmu Matematika

Man in Black and White Polo Shirt Beside Writing Board
Foto: pexels.com

Matematika bukanlah mata pelajaran yang Anda siapkan di kelas, memberikan kuliah tentangnya kemudian berpaling dan pergi. Matematika tidak seperti itu. Sebagai seorang guru matematika, maka sangat perlu menjelaskan dengan cara sedemikian rupa sehingga setiap siswa mampu memahami konsep dengan baik dan dapat dengan mudah menerapkannya.

Keluwesan dalam mengajar matematika tersebut hanya bisa datang jika guru matematika tersebut memiliki pengetahuan yang luas tentang subjek. Mengambil beberapa mata kuliah di aljabar, geometri, kalkulus, statistik, dll.

Dengan konsentrasi itu semua maka tentunya seorang guru matematika dapat menjelaskan segalanya dengan percaya diri tanpa perlu berkonsultasi dengan kunci jawaban saat menyelesaikan masalah apa pun. Ini penting untuk meningkatkan kredibilitas guru dan mengembangkan kepercayaan siswa pada guru matematika tersebut.

Semangat ketika  Mengajar

Woman Stands Behind Green Concrete Wall
Foto: pexels.com

Tidak peduli apa subjek yang Anda ajarkan, Anda tidak bisa menjadi guru matematika yang baik jika Anda tidak bersemangat ketika mengajar. Ini adalah tentang gairah dan cinta guru untuk subjek yang secara tidak sadar akan ditransmisikan ke para siswa dan menyalakan cinta serta semangat mereka untuk subjek lainnya. Jika guru tidak memiliki semangat, tidak mungkin para siswa merasakan cinta apa pun terhadap subjek yang sama.

Pilihan Editor



Gaya Mengajar yang Adaptif dan Inovatif

company, concept, creative
Foto: pexels.com

Matematika adalah mata pelajaran yang lebih tentang pemahaman konsep dan berbagai aplikasinya daripada belajar hafalan. Dengan demikian, sangat penting bahwa setiap siswa harus memahami konsep tersebut dengan baik.

Untuk mencapai hal ini, guru matematika harus secara konstan mengubah gaya penjelasannya karena berbagai siswa memiliki berbagai gaya dan cara untuk memahami. Dalam beberapa kelas, seorang guru harus memahami gaya, pola, dan kapasitas kelas serta siswa dan harus menyesuaikan diri serta membaur menyesuaikan siswa.

Pendekatan dan Komunikasi Interaktif

composition, creativity, desk
Foto: pexels.com

Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang paling dinamis. Cara komunikasinya sangat penting dalam seluruh interaksi antara siswa dan guru. Sang guru matematika harus memotivasi dan mendorong partisipasi siswa dan mendorong mereka untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk menghilangkan keraguan yang tak terucapkan.

Interaksi yang tanpa mengolok-olok akan memberi kepercayaan kepada siswa terlemah untuk mengurangi keraguannya, dan melakukan pendekatan tim kelas dalam memecahkan masalah apa pun akan memperjelas siswa bahkan sampai kepada siswa yang paling lambat di kelas.

Suasana sehat ini juga akan membuat para siswa terus untuk berlatih matematika semakin banyak dan tidak hanya akan membuat mata pelajaran matematika lebih menarik tetapi juga akan membuat para siswa lebih mahir lagi.

Bila perlu sang guru dapat memanfaatkan sistem manajemen pembelajaran seperti ERP Software yang dapat memanajemen pelajaran dalam suatu kelas atau tugas dan ujian. Tentunya agar komunikasi antara sang guru dan siswa dapat tarjalin tanpa jarak.

Kepemimpinan

Portrait of Young Woman Against White Background
Foto: pexels.com

Hampir tak terelakkan bahwa seorang guru matematika yang terampil dan profesional dipandang sebagai seorang pemimpin baik di kelas maupun di sekolah. Ini sebagian besar berasal dari sikap dan tindakan keseluruhan pengajarannya, terlepas dari pengetahuannya yang luas. Siswa harus merasakan cinta dan rasa hormatnya sekaligus menerima otoritasnya.

Setiap siswa harus memahaminya dengan jelas, bahwa guru matematika adalah pemimpin kelas yang aturannya harus dipatuhi tanpa perlu dipertanyakan lagi. Setiap perilaku buruk harus ditangani secara disiplin.

Bagaimana apakah 5 kriteria diatas sudah Anda miliki? jika iya. Maka siap-siap Anda akan menjadi seorang guru matematika sukses yang disenangi oleh siswa-siswi Anda dan menimbulkan kepada siswa-siswi Anda bahwa belajar matematika itu mudah dan menyenangkan.