bahaya tidur setelah sahur
Kesehatan

Kamu Harus Tahu! Inilah Bahayanya Jika Kamu Tidur Setelah Sahur

Foto : greatist.com

Sahur adalah aktivitas makan yang sebaiknya dilakukan oleh umat muslim dalam upaya menyempurnakan amalan ibadah di bulan ramadhan. Hukum melaksanakan sahur adalah sunnah. Sebagaimana telah dicontohkan Nabi Muhammad SAW, sahur sangat dianjurkan karena banyak manfaatnya untuk mendukung kesempurnaan ibadah shaum.

Supaya tubuh tetap sehat dan bugar selama menjalani ibadah puasa, ketika sahur kamu harus makan makanan  yang bergizi seimbang. Dimana seluruh kebutuhan gizi tetap terpenuhi. Setelah makan sahur biasanya kamu akan merasa mengantuk dan ingin sekali tidur kembali. Namun berdasarkan berbagai sumber, ternyata rasa kantuk setelah makan sahur itu sebaiknya tidak dituruti. Karena dapat membahayakan tubuh kamu.

Apa saja sih bahayanya? Dalam keadaan tidur, sistem metabolisme tubuh melambat yang mengakibatkan tubuh tidak dapat mencerna makanan dengan baik. Ketika kamu langsung tidur setelah sahur banyak bahaya yang terjadi. Yuk intip dibawah ini!

Jangan anggap remeh ya guys, tidur setelah sahur dapat meningkatnya asam lambung kamu loh!

bahaya tidur setelah sahur

Foto : greatist.com

Proses pencernaan makanan melibatkan lambung. Jadi setiap ada makanan masuk ke tubuh kita, asam lambung pun akan meningkat. Bila makanan tidak tergiling sempurna, asam lambung dapat mengiritasi dinding lambung. Gejalanya nyeri di sekitar ulu hati atau perut kiri bagian atas. Bisa juga menimbulkan sensasi panas di dada. Oleh sebab itu, hati-hati bagi kamu yang memiliki riwayat sakit maag. Ada baiknya hindari kebiasaan tidur setelah sahur.

PILIHAN EDITOR

Nah, akibat tubuh langsung ditidurkan pasca sahur maka akan mengakibatkan Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) atau refluks asam lambung

bahaya tidur setelah sahur

Foto : allenhomeopathy.com

Akibat tubuh yang langsung ditidurkan pasca sahur dapat menyebabkan refluks asam lambung. Ini terjadi karena katup antara perut dan kerongkongan tidak menutup secara sempurna. Hal ini biasanya disebabkan oleh pengaruh gravitasi yaitu perubahan posisi. Posisi terlentang dapat menyebabkan makanan yang belum sempurna dicerna dapat berbalik dari lambung ke kerongkongan. Makanan ini membawa serta asam lambung, sehingga keberadaan asam lambung di kerongkongan dapat menimbulkan iritasi, bahkan luka. Hal ini dapat mengakibatkan rasa nyeri dan terbakar di tenggorokan

Tidur setelah sahur membuat usus kamu tidak mampu menyerap makanan secara baik sehingga terjadi penumpukan Makanan di Usus

bahaya tidur setelah sahur

Foto : menshealth.com

Dalam keadaan tidur, organ-organ dalam tubuh seperti usus besar maupun usus kecil tidak mampu menyerap makanan dengan baik. Maka makanan yang kamu makan akan membusuk di usus yang menyebabkan peningkatan bakteri. Sel darah putih diproduksi lebih banyak untuk melawan bakteri.

Nah, ketika terjadinya penumpukan makanan di didalam tubuh, makan fungsi kerja hati akan menjadi lebih keras

bahaya tidur setelah sahur

Foto : ndtvimg.com

Hati atau liver berfungsi sebagai penyaring toksin (racun) dari dalam tubuh. Ketika banyak racun yang disebabkan oleh penumpukan makanan yang tidak terproses dengan baik dalam tubuh, hatipun harus bekerja lebih keras untuk membuang racun dari tubuh.

Tingkat keasaman (ph) tubuh dapat meningkat secara drastis loh!

bahaya tidur setelah sahur

Foto : waterlic.co.id

Akibat banyaknya bakteri dalam tubuh, menyebabkan tingkat keasaman (Ph) tubuh meningkat. Jika Ph sudah meningkat, maka kemungkinan munculnya sel kanker semakin tinggi. Jika yang sudah ada sel kankernya, maka sel kanker dapat menjalar dengan cepat ketika Ph <4.

Tidur habis sahur dapat menyebabkan stroke

bahaya tidur setelah sahur

Foto : vitamindcouncil.org

Ketika tidur, suplai darah ke otak harus dalam keadaan normal dan mencukupi. Jika di dalam lambung terjadi proses penggilingan makanan, maka suplai darah pun terbagi. Hal ini dapat menyebabkan kekurangan darah dan oksigen dalam otak sehingga terjadilah penyumbatan yang dapat mengakibatkan stroke.

Nah guys, ternyata tidur setelah sahur itu sangat berbahaya dan merugikan. Sangat bertentangan dengan konsep kemanfaatan dari shaum. Sebaiknya setelah sahur kamu melakukan hal-hal yang lebih bermanfaat daripada sekedar tidur. Misalnya dengan membaca buku, tadarus, jalan-jalan dan lain-lain. Setelah 2 jam dari waktu sahur, baru kamu diperbolehkan jika mau tidur lagi.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Populer

To Top