Bulan ramadan menjadi waktu yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat islam di dunia. Selain pertanda bahwa hari kemenangan atau lebaran sudah dekat, bulan puasa pada saat ramadan memiliki berbagai manfaat bagi yang menjalankannya. Sudah tahukah kamu? kalau 8 alasan berikut ini menjadi penanda bulan suci ramadan sangat baik bagi kehidupan seorang manusia

Meningkatkan sistim kekebalan tubuh

Alasan Kenapa Bulan Ramadan Sangat Baik
Foto : unsplash.com

Saat puasa tentu seorang individu tidak akan mengkonsumsi jumlah makanan yang sama seperti ketika tidak berpuasa atau hari-hari biasanya. Maksudnya, intensitas makan hanya dilakukan ketika berbuka puasa, makan setelahnya, dan sahur.

PILIHAN EDITOR

Menurut Peter Minkoff, puasa mampu menghilangkan racun dan mengurangi kadar lemak dalam tubuh. Hal itu tentu didasari dengan pola makan yang sehat, yakni mengkonsumsi buah kaya vitamin serta makanan berserat ketika buka puasa dan sahur. Jumlah menu makanan sehat otomatis akan mengurangi asupan gula dan lemak berlebih dalam tubuh, menggantikan asupan yang tidak sehat sehingga mampu memperkuat stamina fisik seseorang.

Mengontrol kadar kolesterol yang dianggap sebagai salah satu sumber penyakit

Alasan Kenapa Bulan Ramadan Sangat Baik
Foto : pixabay.com

Menurut Ann Pietrangelo, setiap dari kita memiliki kolesterol yang dibentuk oleh liver dan diedadarkan ke seluruh tubuh. Kolesterol tersebutlah yang juga akan membantu tubuh membentuk vitamin D dan hormon, serta menjaga keseimbangan asam saluran empedu. Normalnya kita hanya memerlukan kolesterol kurang dari 25% dari makanan yang dikonsumsi, terutama yang bersumber dari lemak hewani.

Namun, apabila yang terjadi sebaliknya, maka seseorang harus mulai waspada dan mengontrol segala makanan yang masuk ke dalam perut serta menjalani gaya hidup sehat. Sebab, kolesterol menjadi pemicu berbagai penyakit seperti batu empedu, serangan jantung, serta stroke. Nah, dalam aktivitas puasa ini, tubuh laksana dipaksa mengurangi kadar kolesterol dalam darah akibat tidak setiap waktu seseorang mengkonsumsi makanan.

Memperluas hubungan silaturahim 

Alasan Kenapa Bulan Ramadan Sangat Baik
Foto : pexels.com

Kegiatan yang paling ramai dibicarakan saat bulan ramadan adalah buber (buka bersama) juga mudik demi bertemu dengan sanak saudara di kampung. Agenda sekali dalam setahun ini memang tidak dipungkiri akan memperluas hubungan silaturahim, baik dengan teman, sahabat, keluarga dan antar kolega, atau bahkan seorang kawan baru yang dijumpai ketika melaksanakan buka puasa di masjid. Teman yang banyak tentu akan membuka koneksi bagi siapa pun. Semakin banyak teman, maka semakin baik.

Ajang memperbaiki diri

Alasan Kenapa Bulan Ramadan Sangat Baik
Foto : getty images

Memperbaiki diri memang tidak harus menunggu bulan suci ramadan, akan tetapi di bulan yang diberkahi oleh Allah SWT ini, setiap muslim hendaknya berlomba-lomba untuk berusaha mengurangi atau menghilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk yang masih sering dilakukan.

Banyak memperbaiki diri dan senantiasa menutup keburukan dengan kebaikan akan meningkatkan kualitas seorang manusia di hadapan Tuhan-Nya. Oleh sebab itu, ketika ramadan berakhir, maka kita akan merasa seperti terlahir kembali karena telah meninggalkan segala keburukan yang sempat dilakukan pada bulan-bulan sebelumnya.

Belajar mengendalikan hawa nafsu

Alasan Kenapa Bulan Ramadan Sangat Baik
Foto : pixabay.com

Tidak dapat dipungkiri bahwa kemarahan, kekesalan, hasrat dan sebagainya agak sulit dikendalikan oleh sebagian besar manusia di muka bumi. Hal tersebut sebetulnya wajar, karena manusia memang dibekali oleh Tuhan dengan sejuta rasa untuk merasakan sedih, senang, marah, dan gembira. Akan tetapi rasa tersebut harus dikendalikan.

Saat bulan ramadan ini sejatinya tiap-tiap individu dilatih untuk menahan dan mengendalikan hawa nafsunya agar ia terhindar dari berbagai hal tidak baik. Apabila dalam sebulan penuh seseorang mampu menahan hawa nafsunya maka di hari berikutnya ia akan terbiasa untuk tidak gegabah dalam bertindak dan berbicara.

Mengasah kemampuan berdagang

Alasan Kenapa Bulan Ramadan Sangat Baik
Foto : tempo

Siapa sih yang nggak ingin jualan di bulan ramadan? Bulan di mana seluruh umat antusias untuk menjajakan makanan khas yang sudah ditunggu oleh para pembelinya. Banyak penjual dadakan muncul saat bulan ramadan. Mereka menggelar tikar bahkan menawarkan makanan serta minuman dari bagasi mobil pada pembeli di pinggir jalan. Konon aktivitas ini mereka lakukan bukan hanya sekadar mencari keuntungan, tetapi juga melatih sejauh mana konsumen menginginkan produk mereka.

Memperkenalkan makna ramadan bagi buah hati

Alasan Kenapa Bulan Ramadan Sangat Baik
Foto : photoshelter.com

Wah, bagi ibu-ibu muda yang sudah memiliki buah hati berusia 4-6 tahun mungkin sudah mulai memperkenalkan makna bulan ramadan pada mereka. Meski anak-anak belum mampu berpuasa penuh, tetapi orang tua dapat mencontohkannya melalui segenap aktiviats, sikap dan perilaku dalam melalui bulan suci ini. Dari sini mereka bisa diajarkan agar lebih dekat pada Sang Pencipta-Nya.

Raih keberkahan dengan berbagi pada sesama

Alasan Kenapa Bulan Ramadan Sangat Baik
Foto : children plus

Bagi yang memiliki kemampuan finansial dan kebutuhan pokok lebih mungkin dapat bersedekah atau membagikan makanan pada mereka yang membutuhkan. Selain dapat meningkatkan kepekaan sosial, kegiatan kemanusiaan ini mampu membantu meringankan beban hidup masyarakat miskin, dhuafa, dan sejenisnya.

Ok guys! Itulah 8 alasan yang menjadikan bulan suci ramadan sangat baik bagi kehidupan manusia. Semoga artikel ini sangat bermanfaat, dan jangan lupa komentar dibawah ya!